Beberapa Cara Menanam Kacang Hijau

By | October 5, 2018

Beberapa Cara Menanam Kacang Hijau – Kacang hijau atau yang mempunyai nama binomial vigna radiata tidak sedikit tumbuh dan berkembang di wilayah tropis. Tanaman kacang hijau masuk dalam di antara jenis polong-polongan. Kacang hijau pun masuk dalam jenis palawija.

Table of Contents

Cara Menanam Kacang Hijau

Cara menempatkan kacang hijau dengan tanah
Kacang hijau paling sesuai untuk ditanam di tanah dengan tekstur liat dan berlempung, sebab tanah itu mempunyai kandungan bahan organic dan drainasenya juga baik. Bibit kacang hijau itu akan tumbuh dengan baik di tanah yang mempunyai pH 5,8-7,0. Akan tetapi andai lahan kamu mempunyai tipe tanah yang becek, maka kamu harus membina saluran saluran yang berjarak 3-5 m. tumbuhan kacang hijau seringkali dibangun dengan kiat tugal, yakni dengan menciptakan celah-celah. Setiap celah dipenuhi dengan dua biji atau bibit tumbuhan kacang hijau.

Cara menempatkan kacang hijau dengan kapas
Cara ini tidak sedikit dipraktikkan oleh semua siswa sebagai tugas sekolah. Bagaimana sih teknik menanam kacang hijau dengan media kapas ini?

  • Pertama, siapkan dahulu bahan dan alat-alat yang diperlukan, laksana bibit tumbuhan kacang hijau, kapas, dan wadah. Wadah yang digunakan lumayan wadah yang berukuran kecil, contohnya saja bekas gelas air mineral.
  • Selanjutnya, rendamlah terlebih dahulu bibit kacang hijau tersebut.
  • Masukkanlah sejumlah helai kapas ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Setelah tersebut letakkan bibit kacang tanah secukupnya, tidak boleh sampai mengisi seluruh permukaan kapas.
  • Lalu masukkan air secukupnya. Jangan hingga air tersebut membenamkan kapas.
  • Selesai, bermukim menunggu sejumlah hari saja. Maka kacang hijau pun bakal mulai tumbuh.

Cara menempatkan kacang hijau dengan kiat hidroponik

System hidroponik mulai popular dikalangan masyarakat. Alasannya ialah bahwa kiat penanaman ini tidak membutuhkan lahan yang luas dan teknik penanamannya juga mudah. Menanam dengan kiat hidroponik ialah system menempatkan dengan media pengairan berupa pipa.

  • Terlebih dulu siapkanlah perangkat dan bahannya yang berupa bibit kacang hijau, kerikil, pellet tanah liat, dan pun wadah. Akan paling baik bila kamu juga menyiapkan sejumlah pupuk untuk menyokong pertumbuhan tumbuhan kacang hijau.
  • Wadah yang biasa dipakai dalam tenik penanaman hidroponik ialah pipa. Maka selanjutnya, kamu harus membuat sejumlah lubang secara sejajar di unsur sisi pipa yang sama.
  • Kemudian buatlah larutan hidroponik dan nutrisi guna media tanamnya. Caranya dengan mencampurkan kerikil, pellet tanah liat dan pun pupuknya.
  • Lalu tempatkanlah gabungan larutan hidroponik dan nutrisi itu ke dalam wadah berupa pipa.
  • Setelah itu kamu dapat menempatkan biji-biji tumbuhan kacang hijau di atasnya. Dalam menempatkan bibit kacang hijau, tidak boleh terlalu rapat. Berilah jarak secukupnya saat menempatkan bibit kacang hijau.

Itulah beberapa cara menanam kacang hijau yag bisa anda jadikan sebagai sumber referensi.

Sumber : www.faunadanflora.com/