BEI Dorong Tax Amnesty Dimanfaatkan dengan Maksimal

By | May 18, 2019

BEI Dorong Tax Amnesty Dimanfaatkan dengan Maksimal

BEI Dorong Tax Amnesty Dimanfaatkan dengan Maksimal

BEI Dorong Tax Amnesty Dimanfaatkan dengan Maksimal

BANDUNG–Upaya pemerintah melalui tax amnesty

mulai menuai kekhawatiran negara lain yang memiliki dana simpanan dari warga Indonesia.

Sejumlah negara yang diperkirakan banyak tersimpan dana milik WNI mulai menyiapkan sejumlah skema untuk menahan uang WNI yang disimpan di negara itu, salah satunya Singapura.

Sadar ada potensi penarikan dana dari pemilik modal karena tax amnesty,

perbankan di negara itu menawarkan paket pembayaran pajak gratis. Fasilitas tersebut diberikan kepada pemilik modal jika hanya mendeklarasikan dananya. Artinya, dana yang dimiliki tidak dipindahkan ke Indonesia.

“Beritanya sudah cukup santer. Perkembangan ini tentunya

akan menjadi tantangan, termasuk bagi anggota bursa yang dintunjuk untuk mampu menghadirkan produk yang lebih menjanjikan dibandingkan fasilitas yang ditawarkan,” kata Kepala Bursa Efek Indonesia (BEI) Bandung Hari Mulyono.

Untuk itu BEI mencoba mendorong masyarakat untuk tidak terpengaruh dengan kondisi diluar negeri dan memanfaatkan tax amnesty itu.

Sebagai gambaran, berdasarkan UU Tax Amnesty, untuk dana yang direpatriasi atau ditarik ke tanah air tarif penebusan adalah 2,3, dan 5 persen. Sedangkan untuk dana yang hanya di akui atau dideklarasi tanpa dipindah ke tanah air, tarif yang dikenakan adalah 4,6, dan 10 persen hingga Maret 2017 mendatang.

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/147702851/pengembangan-ide-kreatif-dan-inovatif/