Cara Membuat Surat Permohonan Cuti Melahirkan

By | March 25, 2019

Cara Membuat Surat Permohonan Cuti Melahirkan

Cara Membuat Surat Permohonan Cuti Melahirkan – Sebagai seorang pekerja, kamu pasti dituntut untuk lakukan kinerja yang baik dan hadir setiap hari di jam kerja yang udah ditentukan. Namun ada kalanya kamu terpaksa tidak bisa hadir dengan berbagai alasan khusus jika sakit, ada urusan keluarga, dan berbagai alasan lainnya. Apalagi kalau kamu adalah seorang wanita yang udah menikah. Secara kodrat, wanita bakal hamil dan melahirkan. Nah bagi seorang pekerja tidak bisa saja bakal terus bekerja sampai saat persalinan tiba.

Dan pastinya ada kebijakan yang sesuaikan hal tersebut. Bagi pekerja wanita, kamu berhak untuk meraih cuti melahirkan. Karena di dalam sebuah perusahaan atau lembaga ada yang namanya cuti bisa menjadi cuti sakit, cuti tahunan, cuti kepentingan keluarga, dan cuti melahirkan atau cuti bersalin. Hal ini merupakan tidak benar satu kebijakan yang perlu ada di sebuah perusahaan atau instansi.

Untuk meraih izin tersebut, maka kamu perlu menyampaikannya cocok dengan prosedur yaitu dengan mengajukan surat keinginan cuti melahirkan. Surat ini dibutuhkan sebab ini bakal terjadi di dalam jangka saat yang cukup lama dan merupakan keputusan bagi kamu yang bakal mengajukan cuti.

Nah surat keinginan cuti ini adalah tipe surat spesial yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Hanya saja, surat keinginan cuti perlu kamu sampaikan dan ditulis dengan wujud formal sebab terkait dengan pihak lembaga tertentu. Surat izin cuti terhitung banyak macamnya. Ada surat izin cuti untuk pegawai swasta, surat izin cuti untuk pegawai negeri sipil, surat izin cuti besar, dan lain sebagainya.

Tak cuma sebagai kebijakan perusahaan, cuti melahirkan terhitung udah diatur di dalam undang-undang ketenagakerjaan yang menyebutkan bahwa setiap karyawan atau pegawai, baik di lembaga negeri maupun swasta berhak untuk meraih izin cuti melahirkan atau cuti bersalin. Cuti bersalin untuk pegawai menurut undang-undang diberikan sepanjang 3 bulan. Waktu cutinya sendiri dihitung sebelum akan dan terhitung sehabis melahirkan.

Dalam sebabkan surat keinginan cuti melahirkan, maka kamu hendaknya manfaatkan bhs formal, cocok dengan EYD, dan terhitung mempergunakan bhs yang sopan. Bukan cuma sebab surat ini adalah surat permohonan, tapi terhitung sebab surat keinginan cuti melahirkan ini terhitung merupakan surat formal di sebuah perusahaan atau instansi.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu kamu menyimak saat sebabkan surat keinginan cuti melahirkan, diantaranya adalah :

  1. Jangan lupa untuk menyertakan nama, knowledge diri, dan jabatan kamu sebagai pemohon cuti
  2. Jelaskan mengenai saat cuti, jadi berasal dari berapa lama kamu bakal cuti, serta tanggal diawali dan diakhirnya cuti
  3. Sertakan surat pendukung untuk cuti (sesuai cuti apa yang diajukan), untuk cuti melahirkan atau bersalin, bisa disertakan surat info dokter.

Untuk lebih jelasnya, selanjutnya ini kita bakal beri tambahan semisal surat keinginan cuti melahirkan :

Bandung, 20 April 2017

Hal      : Surat Permohonan Cuti Kerja

Lamp   : Surat Keterangan Dokter

Kepada Yth,

Bapak/Ibu Personalia PT. Pelangi Indah

Up. Ibu Evi Juanda SE

Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama     : Rinda Selvia Putri

ID          : BD-ID6985321

TTL       : Palembang, 07 Oktober 1990

Posisi    : Administrasi (Adm)

Bermaksud untuk mengajukan izin cuti melahirkan sepanjang 3 (tiga) bulan terhitung jadi tanggal 21 April 2017 sampai dengan 21 Juli 2017. Berikut aku lampirkan terhitung surat info dokter sebagai bahan pertimbangan.

Demikian keinginan cuti ini aku sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya aku ucapkan banyak menerima kasih.

Hormat Saya

 

Rinda Selvia Putri

Admin

Itulah ulasan kita mengenai cara sebabkan surat keinginan cuti melahirkan. Semoga bisa bermanfaat dan semoga persalinan kamu terjadi dengan lancar. Sampai jumpa di ulasan yang berikutnya.

Baca Juga: