Cara Merawat Hardware, Software dan K3LH

By | July 11, 2019

Cara Merawat Hardware, Software dan K3LH

Cara Merawat Hardware, Software dan K3LH

Cara Merawat Hardware, Software dan K3LH

Hardware atau bisa disebut dengan perangkat keras

merupakan sebuah komponen penting dalam sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Pada dasarnya sebuah perangkat harus dalam kondisi yang baik agar dapat digunakan dengan maksimal, ketika sebuah perangkat mengalami kondisi yang kurang baik (jarang di rawat dengan baik, maka itu dapat mengurangi umur dari perangkat.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari merawat sebuah perangkat, contohnya :

  1. Perangkat memiliki umur yang panjang
  2. Tidak mudah rusak
  3. Performa tetap optimal.

Berikut adalah cara merawat Hardware.

  1. Usahakan tegangan listrik yang di suplay ke komputer dalam keadaan stabil.Tegangan listrik yang terlalu rendah atau tinggi dapat mempengaruhi/merusak perangkat keras pada komputer.
  2. Anda bisa gunakan UPS atau Stabilizer untuk menjaga agar hal tersebut tidak terjadi.Proses menghidupkan dan mematikan komputer harus sesuai prosedur pemakaian.Hindari mencabut langsung kabel power ketika komputer/laptop masih dalam keadaan menyala/beroperasi. Syarat ini berlaku juga untuk komputer dalam keadaan hang,sebaiknya tunggu hingga komputer kembali normal dan tidak hang lagi,lalu dapat di matikan. Hal ini sangat berbahaya,di sarankan untuk di hindari sebab dapat merusak kestabilan bagi power suply komputer.
  3. Hindarkan komputer dari sengatan matahari langsung,baik dalam keadaan menyala ataupun mati.
  4. Jauhkan wadah air dan lain sebagainya,agar tercegah dari siraman air pada perangkat keras komputer.
  5. Hindarkan juga penempatan alat-alat yang memiliki unsur magnet dari dedakat komputer. Hal itu dapat mengacaukan monitor dan juga dapat merusak perangkat keras internal unit CPU.
  6. Bersihkn bagian-bagian komputer secara berkala,dari debu dengan menggunakan kuas cat atau sikat gigi,lap halus,dan alat penyemprot udara normal.
  7. Bersihkan keseluruhan mainbord dengan alat pompa udara untuk membersihkan debu.terutama pada bagian soket memori,sebab jika soket memori kotor dan berdebu,maka memori/RAM tidak akan dapat bekerja dengan maksimal.
  8. Bersihkan fan cooler CPU dan Heatsink menggunakan kuas halus dan alat pompa udara.
  9. Lepas memori RAM dengan hati-hati,lalu bersihkan menggunakan lap halus secara perlahan.
  10. Lepas power suply dan bersihkan dengan cara menyemprotkan udara melalui pentilasi udara power suply.
  11. Bersihkan semua port-port eksternal yang ada pada mainboard.
  12. Bagi yang menggunkan VGA Card ad on,lakukan pembersihan terutama pada heatsink dari debu. Lakukan juga pembersihan pada permukaan keyword dari debu

Selain hardware, dalam komputer kita juga mengenal isitilah

perangkat lunak atau yang disebut software, software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah

Pemeliharaan terhadap software atau perangkat lunak pada komputer,merupakan tugas yang tidak dapat di abaikan. Hal ini mungkin terdengar spele,namun dengan merapikan dan merawat perangkat komputer secara rutin dapat menjaga stabilitas atau bahkan dapat meningkatkan kinerja pada komputer. Dibawah ini telah kami rangkum beberapa hal-hal dasar yang dapat dipelajari dan dilakukan agar anda sendiri dapat melakukan pemeliharaan.

 

Berikut cara merawat Software :

  1. Hidup dan matikan komputer anda sesuai prosedur yang benar,Baik itu OS anda merupakan Linux maupun Windows,lakukan selalu proses sutdown jika ingin mematikannya,agar ketika dihidupkan tetap baik dan tidak ada masalah dengan sistem operasi.
  2. Gunakan Aplikasi bantu anti virus,dan lakukan scanning pada file-file komputer,baik itu Partition C:System Operasi maupun penyimpanan file seperti partition D,E,atau partition eksternal seperti flashdisk,lalukan secara berskala. Hal ini diharuskan agar virus dapat terdeteksi lebih dini.Perlu diperhatikan bahwa dampak virus lebih besar saat anda berselancar internet,untuk itu gunakan antivirus yang dapat mendeteksi virus malware dengan baik.
  3. Lakukan juga back up data secara berskala,Hal ini sangat berguna untuk menjaga keamanan data komputer,dan juga dapat mengurangi kapasitas penyimpanan media,agar lebih mudah ketika melakukan pendistribusian data ketika dibutuhkan.
  4. Gunakan UPS dan Stavol untuk keamanan data.Jika sewaktu waktu aliran listrik padam,hasil pekerjaan anda mendapatkan waktu untuk tersimpan,seperti ketika anda sedang mengetik,ada waktu yang diberikan untuk anda menyimpan data lalu melakukan shutdown sesuai prosedur.
  5. Melakukan penataan disk “Hard Disk Drive” secara rutin.Proses menghapus dan menulis pada penyimpanan disk dapat mengakibatkan dtruktur atau susunan file menjadi tidak teratur,untuk itu anda dapat menggunakan program bantu seperti defrag maupun scandisk.
  6. Disarankan agar tidak melakukan istalasi sistem aplikasi yang tidak anda butuhkan,sebab semakin padat sistem konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi,dapat menurunkan kinerja atau memperlambat komputer.

Cara lain dalam merawat software dapat dilakukan dengan

Cleanup isi dari penyimpanan yang ada dikomputer, caranya :

  • Pilih ikon windows cari dan klik kanan pada ikom computer/my computer lalu pilih explore. o Klik kanan pada ikon hard disk drive C,lalu pilih properti.
  • Klik tab general dan akan terlihat kapasitas harddisk,baik itu yang sudah terisi maupun yang masih kosong.
  • Klik tombol disk Cleanup,maka komputer akan melakukan scanning pada semua file yang harus dibuang dari drive C (system Operasi).
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog (Disk Cleanup For System C).
  • Centang pada semua kotak file for delete lalu klik OK dan Yes.
  • Kembali kekotak dialog properties harddisk drive,lalu klik tool,lakukan pemeriksaan apakah ada kerusakan atau tidak dengan mengklik “Check Now” pada menu eror cheking.
  • Pada kotask dialog chek disk system C,beri tanda centang pada kedua pilihan yaitu chek disk option lalu klik tombol start.

Sekarang anda tinggal menusun dan merapikan file di Hardisk Drive.Caranya balik ke kotak dialog Properties hardisk drive lalu klik tools,Defragment now. Tujuannya adalah mengumpulkan file-file ke grupnya masing-masing, sehingga saat membuka aplikasi dan file jadi lebih mudah dan cepat.Tunggu hingga proses selesai.

Keamanan komputer adalah dambaan bagi setiap pengguna,namun disebabkan beberapa faktor menyebabkan komputer jadi tidak aman. Dalam era komunikasi saat ini,melakukan tukar menukar data melalui satu jaringan maupun antar jaringan melalui internet,banyak masalah terjadi pada data-data penting pengguna yang disebabkan karena masalah keamanan,yang mengakibatkan hancurnya data-data penting.

Hal ini muncul bisa jadi disebabkan oleh kelalaian user/pengguna itu sendiri,namun lebih sering disebabkan karena ketidaktahuan user/pengguna akan bahaya keamanan. Sistem Keamanan Komputer sangat banyak,namun secara garis besar terdiri dari 3 bagian :

  1. Keamanan Interface User.Berkaitan dengan pemakaian secara bersamaan/bergantian atau seperti meminjamkan komputer pada orang lain.
  2. Keamanan Internal Komputer.Berkaitan dengan keamanan perangkat keras “Hardware” dan perangkat lunak “Software”.Menjamin agar perangkat hardware tetat sehat,dan program tetap fresh dan data tetap aman.
  3. Keamanan Eksternal.Berkaitan dengan hal-hal diluar komputer,sesuatu yang dapat membahayakan,seperti pihak yang tidak mempunyai hak akses,bencana alam,bencana dari sistem luar.

Baca Juga :