Contoh Perubahan Fisika

By | March 5, 2019

Contoh Perubahan Fisika

Contoh Perubahan Fisika

Contoh Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan materi bersifat sementara & tidak menghasilkan suatu zat baru. Zat yang mengalami perubahan fisika umumnya mengalami perubahan fase (wujud) zat tanpa diikuti oleh perubahan sifat zat & stuktur molekul zat itu.
Dan berikut ini contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari;

1. Perubahan fisika karena perubahan wujud zat

Perlu diketahui setiap materi yang berubah wujud karena pengaruh pemanasan/pendinginan akan mempunyai sifat yang sama. Materi itu juga dapat dikembalikan ke sifatnya semula. Sebagai contohnya; es mencair, lilin meleleh, air menguap, kapur barus menyublim, agar-agar beku, dll. (https://bandarlampungkota.go.id/blog/konsep-dan-radiasi-gelombang-elektromagnetik/)

2. Perubahan fisika karena pelarutan

Perubahan fisika juga dapat disebabkan oleh pelarutan. Contohnya; gula yang dilarutkan dalam air. Sifat gula sebelum dilarutkan & setelah dilarutkan sama yaitu sama-sama manis. Selain itu juga perubahan itu bersifat sementara karena jika air diuapkan, gula dapat diperoleh kembali & sifat ini juga dimiliki garam.

3. Perubahan fisika karena perubahan bentuk

Perubahan fisika karena pelarutan bentuk adalah kayu yang digergaji kemudian diubah menjadi meja, kursi/ lemari. Perubahan ini termasuk perubahan fisika karena kayu hanya dapat berubah bentuknya saja. Meskipun kursi tidak dapat kembali menjadi kayu, namun sifatnya tidak berubah. Sifat kursi/meja sama dengan sifat kayu & contoh lainnya adalah perubahan kain menjadi pakaian.

4. Perubahan fisika karena adanya aliran energi

Contoh perubahan fisika karena adanya aliran energi adalah bohlam menyala, seterika listrik memanas & bel berdering. Lampu bohlam hanya mengubah energi listrik menjadi energi cahaya & tidak terjadi perubahan susunan molekulnya. Jika suatu saat terjadi korsleting sehingga bagian dalam bohlam terbakar, perubahan yang terjadi adalah perubahan kimia.