Facebook Watch Kini Tersedia Bagi Pengguna Secara Global

By | September 1, 2018

Facebook Watch Kini Tersedia Bagi Pengguna Secara Global

Pada Agustus 2017, Facebook mengenalkan platform video bertema “Watch” secara khusus di Amerika Serikat. Layanan yang diciptakan untuk menyaingi YouTube tersebut sekarang tersedia secara global untuk semua pemakai di mana pun.

Perilisan global ini menyusul antusiasme netizen AS yang dianggap positif. Setiap bulan, lebih dari 50 juta orang menyaksikan video di Watch paling tidak sekitar satu menit. “Sejak mula 2018, durasi pemakai menyaksikan video di Watch bertambah sekitar 14 kali lipat,” begitu tercantum pada website resmi Facebook Newsroom.

Meski mulanya diciptakan sebagai pesaing YouTube, Facebook Watch sejatinya juga dapat menggeser kemapanan video on-demand, semacam Netflix dan Hulu. Pasalnya, layanan Watch pun menyediakan tayangan orisinal yang didanai langsung oleh Facebook.

Jenis tayangannya beragam, mulai dari www.pro.co.id/ serial, reality show, komedi, dan siaran langsung olahraga. Beberapa yang populer di AS ketika ini antara beda Red Table Talk, Huda Boss, dan Major League Baseball.

Secara garis besar, terdapat empat faedah yang diakomodir Facebook Watch. Diantaranya yaitu:

Pertama, sebagai lokasi untuk menggali video-video baru cocok ketertarikan pemakai melewati linimasi yang terpersonalisasi. Pengguna dapat membuat watchlist yang mengandung koleksi video-video baru dari Page yang diikuti. Bagi modifikasi lebih lanjut, pemakai dapat mengikuti lebih bayak Page atau menghapus Page tertentu dari watchlist.

Kedua, sebagai wadah kreatif untuk kreator konten video dan perusahaan yang hendak menarget audiens mereka dan membina komunitas aktif. Interaksi antara audiens dengan kreator konten atau perusahaan mempunyai sifat dua arah, layaknya di jejaring sosial Facebook.

Ketiga, sebagai lokasi untuk menyimpan video-video unik yang lupa ditonton. Ketika pemakai menyaksikan video di linimasa yang unik perhatian namun tengah menggarap sesuatu, video itu dapat disimpan untuk disaksikan lain waktu.

Keempat, berpartisipasi lebih dalam ke video. Facebook tengah membina pengalaman video yang menempatkan pemakai sebagai komponen urgen untuk mengarahkan format konten. Hal ini belum diterangkan mekanismenya lebih lanjut.

Untuk ketika ini, pemakai diberi pengalaman menyaksikan video yang mengasyikkan dengan adanya program “Watch Parties, Premier, serta acara game trivia semacam “Confetti”.

Membawa Watch ke ranah global dengan kata lain menjadi peluang baru untuk kreator di semua dunia. Facebook mengekspansi program “Ad Breaks” di mana kreator dapat menghimpun fulus dari video mereka.

Untuk mengakses Watch di iOS dan Android, Anda dapat menggulir di pilihan “More” atau menu tiga garis. Di situ Anda akan melihat pilihan “Watch”, kemudian tekan untuk menikmati pengalaman penjajalan platfrom eksklusif video.

Anda juga dapat menemukan pilihan Watch di Apple TV, Samsung Smart TV, Android TV, Xbox One, dan OculusTV.

Baca Juga: