Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran

By | September 13, 2018

Dalam dunia pendidikan memang ada banyak komponen yang menunjang pendidikan. Dan salah satunya komponen pendidikan yang menjadi bagian terpenting pendidikan adalah media pendidikan. Tak boleh diremehkan, pendidikan tanpa media pendidikan akan berlangsung tanpa terarah dan tidak akan bisa disampaikan dengan berkualitas dari pengajar kepada muridnya.

Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran

Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran

 

Beberapa ahli juga menafsirkan tentang media pendidikan. Dan salah satunya adalah Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992 : 13) yang mengemukakan pendapat bahwa “media dapat digunakan dalam proses belajar mengajar dengan cara dua arah yaitu dijadikan sebagai alat bantu mengajar dan dijadikan sebagai media belajar yang dapat digunakan sendiri oleh siswa”. Dari salah satu pendapat ini dapat diambil kesimpulan bahwa media dalam konteks pembelajaran merupakan alat serta teknik sebagai perantara komunikasi antara pendidik dan siswa. Lantas apa saja sebenarnya fungsi dari media pendidikan dalam menunjang kegiatan pembelajaran didalam kelas?

Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran

Mempermudah pembelajaran siswa

Media pendidikan sebagai pemandu memang dapat membantu pembelajaran siswa dan dapat membuat siswa jauh lebih mudah dalam melakukan berbagai macam kegiatan pembelajaran baik di sekolah atau di rumah. Beberapa media pendidikan yang sangat penting dalam rangka menunjang kegiatan pembelajaran siswa diantaranya buku atau internet yang juga berkontribusi. Bahkan aspek – aspek presentasi yang biasa dikenakan di sekolah untuk aktivitas pembelajaran berupa diskusi juga menjadi sangat penting bagi siswa.

Memberikan gambaran yang jauh lebih nyata

Dengan adanya sebuah media pendidikan tentu saja tak akan hanya teori – teori yang hanya dapat dijelaskan oleh para tenaga pendidikan karena nantinya bukti yang lebih konkret akan didapatkan. Misalkan soal pendidikan biologi. Tentu dengan adanya media pembelajaran semisal dengan slide maka nantinya gambaran tentang seputar informasi biologi akan didapatkan pelajar sehingga tak perlu menerka – nerka lagi nantinya.

Mengaktifkan indra siswa

Media pendidikan juga dapat membantu untuk dapat membuat semua indra siswa bekerja mulai dari telinga, mata dan anggota geraknya. Misalkan ketika ada pembelajaran dengan cara presentasi lewat media LCD. Nantinya tentu siswa akan melakukan pengolahan semua indra mulai dari mata, telinga dan anggota geraknya sehingga gambaran konkret atas pelajaran tersebut akan didapatkan.

Menarik perhatian siswa

Media pendidikan baik berupa LCD, buku dan sebagainya juga dapat menjadi salah satu aspek yang dapat menarik perhatian siswa sehingga dengan demikian siswa akan semakin dapat aktif dalam pembelajaran yang diterangkan oleh tenaga pendidik atau pengajar.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Fungsi Media Pendidikan Dalam Menunjang Kegiatan Pembelajaran. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang menginspirasi Anda. sumber : sekolahbahasainggris.com