Layanan Pada Telematika

By | February 22, 2019

Layanan Pada Telematika

Layanan Pada Telematika

Layanan Pada Telematika

Telematika berkaitan erat dengan kebutuhan user

Mengenai pemenuhan informasi. Hal tersebut berkaitan dengan layanan- layanan (services) yang ada pada telematika. Secara umum layanan-layanan tersebut dapat dikategorikan menjadi 4 layanan yang akan kita bahas sebagai berikut :

 

Layanan Informasi(Information Service)

Layanan telematika yang pertama adalah layanan informasi. Pada layanan ini telematika menggabungkan sistem komunikasi dengan kendaran bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung.

Beberapa contoh layanan informasi :

  • Internet services (M-Commerce, VOD, dan news and weather)
  • Real-time traffic information (Mobile data dan mobile television)

Kita dapat dengan mudah informasi mengenai arus lalu lintas melalui Real-time traffic information (Mobile data dan mobile television). Mobile data menggunakan komunikasi data nirkabel menggunakan gelombang radio untuk mengirim dan menerima data komputer real time untuk, dari dan antara perangkat yang digunakan oleh personil berbasis lapangan. Alat-alat ini dapat dipasang semata-mata untuk digunakan saat berada dalam kendaraan (Fixed Data Terminal) atau untuk digunakan di dalam dan keluar dari kendaraan (Mobile Data Terminal). Mobile data dapat digunakan untuk menerima saluran TV dan program, dengan cara yang sama ke ponsel, tetapi menggunakan TV LCD perangkat.

 

Telematik terminal

Sistem telematika seperti biasanya menyediakan berbagai layanan aplikasi untuk seorang sopir saat dia mengemudi, sehingga sistem telematika meliputi terminal yang telah ditetapkan, disebut “terminal telematika”, dipasang di dalam kendaraan atau dibawa oleh sopir.

Telematika terminal yang mungkin termasuk fungsi komunikasi untuk berkomunikasi dengan server atau telematika dapat beroperasi dalam hubungannya dengan komunikasi mobile terminal, seperti telepon portabel. Secara umum, terminal telematika tidak memiliki perangkat layar, sehingga mereka dapat memberikan informasi gambar, misalnya, sebuah gambar panduan rute, dengan memanfaatkan sebuah perangkat tampilan, misalnya, liquid crystal display (LCD), dari terminal komunikasi mobile.

Saat ini, hardware berkualitas tinggi telah diperkenalkan di telepon portabel, universal serial bus (USB) mampu mengirimkan data penyimpanan massal disediakan untuk telepon portabel. Dengan demikian, berbagai terminal telematika mampu memanfaatkan USB portabel seperti ponsel telah dikembangkan. Yaitu, telematika telah dikembangkan terminal yang mampu memancarkan / menerima gambar ke / dari terminal komunikasi mobile dengan menggunakan USB.

Komunikasi mobile terminal memiliki berbagai macam spesifikasi hardware. Selain itu, berbagai aplikasi untuk terminal komunikasi mobile telah dikembangkan dan digunakan secara luas. Oleh karena itu, kinerja menampilkan komunikasi mobile terminal dapat beragam, tergantung pada jenis perangkat keras spesifikasi dan aplikasi komunikasi mobile terminal.

 

Layanan keamanan(Security Service)

Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.

 

Vehicle thief-proofing (Intelligent teknologi kendaraan)

Telematika terdiri dari elektronik, elektromekanis, dan perangkat elektromagnetik-micromachined komponen silikon biasanya beroperasi dalam kaitannya dengan perangkat yang dikendalikan komputer dan radio transceiver untuk menyediakan fungsi pengulangan presisi (seperti dalam sistem kecerdasan buatan robotika) kinerja validasi peringatan darurat rekonstruksi.  Jenis Teks Editorial

Intelligent teknologi kendaraan umumnya berlaku untuk sistem keamanan mobil dan otonom mandiri elektromekanis sensor menghasilkan peringatan yang dapat di jangkau dalam wilayah yang ditargetkan tertentu (dalam radius 100 meter dari sistem peringatan darurat untuk kendaraan transceiver). Aplikasi, teknologi kendaraan cerdas dimanfaatkan untuk keselamatan dan komunikasi antara kendaraan komersial atau antara kendaraan dan sebuah sensor di sepanjang jalan.