Layani Kesehatan, PT KAI Gunakan Rail Clinic

By | May 18, 2019

Layani Kesehatan, PT KAI Gunakan Rail Clinic

Layani Kesehatan, PT KAI Gunakan Rail Clinic

Layani Kesehatan, PT KAI Gunakan Rail Clinic

KAB BANDUNG BARAT-Bertempat di Stasiun Maswati

di Kabupaten Bandung Barat, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) 2 Bandung menggelar kegiatan Bakti Sosial, berupa pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang berada di Desa Kanangasari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (27/7).

Berbeda dengan bakti sosial yang biasa dilakukan, dalam kegiatan ini PT KAI Daops 2 Bandung menggunakan 2 unit rangkaian Kereta Rel Diesel (KRD) atau disebut Rail Clinic yang sudah dimodifikasi layaknya sebuah klinik untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Kegiatan pelayanan kesehatan dengan menggunakan Rail

Clinic ini merupakan kegiatan yang pertamakali dilakukan di wilayah Daops 2 Bandung, setelah sebelumnya diresmikan penggunaannya pada 12 Desember 2015 lalu di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan, kereta kesehatan ini merupakan kereta kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia khususnya di bidang kesehatan.

“Dengan memanfaatkan jalur KA sehingga kita

dapat menjangkau masyarakat yang berada di daerah yang sulit di jangkau, ini sebagai salah satu bentuk dari pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT KAI,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan jabarprov.go.id, Rail Clinic yang dibuat oleh PT Balai Yasa, Yogyakarta dilengkapi dengan berbagai fasilitas kesehatan tingkat pertama atau primer, meliputi pengobatan umum, gigi, mata, ibu hamil serta dilengkapi dengan laboratoriun mini dan toilet ramah lingkungan.

 

Sumber :

https://www.kiwibox.com/alistudio/blog/entry/147702863/manfaat-gotong-royong/