Mengenal Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

By | April 24, 2019

Mengenal Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Mengenal Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Mengenal Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

┬áIlmu ekonomi adalah suatu bidang studi yang sudah lama berkembang sejak tahun 1776 yang di pelopori oleh “Bapak Ilmu Ekonomi”, yakni Adam Smith. Pada masa berbagai analisis dalam masa ini telah menjadi kompleks dan memberi gambaran yang lebih lengkap mengenai kehiatan perekonomian. Secara gari besarnya, Ilmu ekonomi dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yakni:

A. Ilmu Ekonomi Makro

Ilmu ekonomi makro mempelajari variabel-variabel secara keseluruhan. Variabel-variabel tersebut antara lain: pendapatan nasional, kesempatan kerja atau pengangguran, jumlah uang beredar, laju inflasi, pertumbuhan ekonomi, maupun neraca pembayaran internasional. Makro ekonomi disebut juga sebagai teori pendapatan

B. Ilmu Eknomi Mikro

Ilmu ekonomi mikro mempelajari variabel-variabel ekonomi dalam lingkup kecil. Misalnya perusahaan, rumah tangga. Dalam ekonomi mikro ini dipelajari tentang bagaimana individu menggunakan sumber daya yang dimilikinya sehingga tercapai tingkat kepuasan yang optimum. Secara teori tiap individu melakukan kombinasi konsumsi atau produksi yang optimum bersama individu-individu lain yang akan menciptakan keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi ceteris paribus. Mikro ekonomi disebut juga sebagai teori harga.

C. Kesimpulan

Dari kedua pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ilmu ekonomi merupakan cabang ilmu sosial yang mempelajari berbagai perilaku ilmu ekonomi terhadap keputusan-keputusan ekonomi yang dibuat. Ilmu ini diperlukan sebagai kerangka berpikir untuk dapat melakukan pilihan terhadap berbagai sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Baca Artikel Lainnya: