Mengenal Tentang Estetika dan Perkembangan

By | April 16, 2019

Mengenal Tentang Estetika dan Perkembangan

Mengenal Tentang Estetika dan Perkembangan

Mengenal Tentang Estetika dan Perkembangan

  1. Pengertian Estetika

Berdasarkan pendapat umum, estetika diartikan sebagai suatu cabang filsafat yang memperhatikan atau berhubungan dengan gejala yang indah pada alam dan seni. Untuk estetika sebaiknya jangan dipakai kata filsafat keindahan karena estetika kini tidak lagi semata-mata menjadi permasalahan falsafi tapi sudah sangat ilmiah. Dewasa ini tidak hanya membicarakan keindahan saja dalam seni atau pengalaman estetis, tetapi juga gaya atau aliran seni, perkembangan seni dan sebagainya.

  1. Estetika Dan Filsafat

Pendapat umum menyatakan bahwa estetika adalah cabang dari filsafat, artinya filsafat yang membicarakan keindahan. Persoalan estetika pada pokoknya meliputi empat hal :

  1. Nilai estetika
  2. Pengalaman estetis
  3. Perilaku orang yang menciptakan
  4. Seni
  5. Estetika Dan Ilmu

Estetika dan ilmu merupakan suatu kesatuan yang tak dapat dipisahkan, karena sekarang ada kecenderungan orang memandang sebagai ilmu kesenian (science of art)dengan penekanan watak empiris dari disiplin filsafat.

  1. Pengertian Keindahan Dalam Seni

Bila mengingat kembali pandangan klasik (Yunani) tentang hubungan seni dan keindahan, maka kedua pendapat ahli di bawah ini sangat mendukung hubungan tersebut; Sortais menyatakan bahwa keindahan ditentukan oleh keadaan sebagai sifat obyektif dari bentuk (l‟esthetique est la science du beau). Lipps berpendapat bahwa keindahan ditentukan oleh keadaan perasaan subyetif atau pertimbangan selera (die kunst ist die geflissenliche hervorbringung des schones).

  1. Estetika Klasik Barat

Plato menempatkan seni (yang sekarang dianggap sebagai suatu karya indah) sebagai suatu produk imitasi (mimesis). Karya imitasi (seni) tersebut harus memiliki keteraturan dan proporsi yang tepat.

  1. Estetika Abad Pertengahan

Abad pertengahan merupakan abad gelap yang menghalangi kreativitas seniman dalam berkarya senii. Agama Nasrani (Kristen) yang mulai berkembang dan berpengaruh kuat pada masyarakat akan menjadi ―belenggu seniman.

  1. Estetika Pramodern

Keagungan, termasuk keindahan merupakan kategori estetika yang terpenting

  1. Estetika Kontemporer

Seni bukan meniru alam, tapi menggubah alam menjadi karya seni

  1. Estetika Timur

Keindahan adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan. Seni diolah melalui proses kreatif dari pikiran menuju pada penciptaan obyek yang dihasilkan oleh getaran emosi. Inti keindahan adalah emosi

 

(Sumber: https://thesrirachacookbook.com/)