Pelantikan 47 PNS dari Auditor, Penyuluh Pertanian

By | February 13, 2019

Pelantikan 47 PNS dari Auditor, Penyuluh Pertanian

 

Pelantikan 47 PNS dari Auditor, Penyuluh Pertanian

Wakil Bupati (Wabup) Malang

Drs. H. M. Sanusi, MM, Jumat (21/12) pagi ini melantik dan mengambil Sumpah Jabatan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang di Pendopo Agung Kabupaten Malang. Adapun pejabat fungsional yang dilantik diantaranya auditor, penyuluh pertanian, penilik sekolah dan guru. Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, dan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah, serta Rohaniawan.

Ucapan selamat dilontarkan Wabup usai melantik para PNS

“Saya ucapkan selamat kepada pejabat yang baru saja dilantik, semoga amanah dan kepercayaan yang diberikan oleh negara dipundak saudara, dapat dijalankan dengan baik dan benar, penuh perhatian, kerja keras disertai rasa tanggung jawab yang tinggi dan loyalitas sebagaimana sumpah jabatan yang telah saudara ucapkan,” ucap Wabup.

Jabatan fungsional auditor

Menurutnya, jabatan fungsional auditor merupakan jabatan berdasarkan keahlian dan mempunyai pola karir yang jelas, terlebih berlakunya undang-undang Aparatur Sipil Negara. “Oleh sebab itu, bagi pejabat yang baru dilantik harus mampu melaksanakan tugas secara professional. Tempatkan diri anda sebagai Aparat Pengawas Intern Pemerintah atau APIP sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor: 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, tepatnya Pasal 49 Ayat 6, yakni melakukan pengawasan atas seluruh kegiatan tugas dan fungsi SKPD, dengan mengedepankan kode etik pemeriksaan,” jelasnya.

Sedangkan penyuluh pertanian dituntut untuk memiliki fungsi paling tidak dalam tiga hal yaitu transfer teknologi , fasilitasi, dan penasehat. Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, penyuluh pertanian diharuskan menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sementara itu, bagi Penilik Sekolah, dan guru di Wilayah Dinas Pendidikan memiliki tugas yang sangat berat sehingga dibutuhkan orang yang benar-benar profesional. “Untuk itu Penilik Sekolah dan guru yang baru saja dilantik, harus dapat membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang profesional, orang yang layak dipercaya untuk memegang tugas dan amanah tersebut,” pesan Wabup kepada para guru. https://bandarlampungkota.go.id/blog/kata-bijak-bahasa-inggris/

Kedepan

Wabup berharap kepada para pegawai untuk menjadikan tiga hal sebagai pegangan utama dalam melaksanakan tugas antara lain: komitmen, integritas, dan loyalitas. Komitmen merupakan kesanggupan hati memegang janji dan menjadi pengikat pelaksanaan tugas dengan penuh tanggung jawab secara institusional dan ritual. Integritas merupakan penempatan dan pengikatan diri selaku pejabat pada posisi kelembagaan demi pelaksanaan tugas yang berdaya guna dan berhasil guna. Loyalitas merupakan niat dan tindakan mengabdi kepada lembaga sebagai realisasi panggilan untuk berbuat yang terbaik bagi lembaga.

“Sebagai pejabat yang baru harus menyadari dan memahami situasi dan kondisi kehidupan masyarakat pada saat ini, tugas dan tanggung jawab itu bukan semata-mata melaksanakan kewajiban rutin tetapi juga hendaknya dapat membaca situasi, menentukan langkah strategis dan taktis dalam rangka menata membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu diperlukan pengerahan segala daya dan upaya dari seluruh kemampuan untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin,” harapnya diakhir sambutan.