Ragam Pendidikan Anak di Usia Dini

By | September 11, 2018

Di dalam memberikan pendidikan anak usia dini atau PAUD ini memang hendaknya tak dilakukan dengan sembarangan. Tentunya sebagai orangtua, Anda ingin memberikan yang terbaik kan untuk putera dan puteri Anda, untuk itulah tak heran jika para orangtua nantinya akan lebih cermat dan detail dalam memilih pendidikan bagi anak-anaknya. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda tahu saat akan memberikan pendidikan anak di usia dini.

Ragam Pendidikan Anak di Usia Dini

Ragam Pendidikan Anak di Usia Dini

Prinsip pendidikan anak usia dini

Berorientasi pada tumbuh kembang anak

Di dalam melakukan kegiatan, pendidik atau guru juga harus memberi kegiatan yang sesuai dengan tahap perkembangan sih anak tersebut. anak adalah individu unik, jadi perlu memperhatikan perbedaan secara individual. Dengan begitu, di dalam kegiatan yang disiapkan haruslah diperhatikan cara belajar anak yang bisa dimulai dari cara-cara yang paling sederhana ke rumit, gerkaan ke verbal, dan lain-lain.

Berorientasi kepada kebutuhan anak

Kegiatan atau pun aktifitas pembelajaran kepada anak ini juga harus senantiasa berorientasi pada kebutuhan anak. Anak di usia ini merupakan anak yang lagi membutuhkan upaya pendidikan untuk bisa mencapai titik optimaliasi dari semua aspek perkembangan, baik untuk perkembangan fisik atau psikis, yakni bahasa, intelektual, sosio emosional. Dan juga motorik.

Bermain sembari belajar

Bermain adalah salah satu cara terbaik bagi anak di usia dini. Lewat bermain ini maka anak nantinya akan bereksplorasi untuk bisa kenal lingkungan yang ada di sekitar, temukan, manfaatkan objek yang ada, dan juga kesimpulan tentang benda di sekitar. Pada saat bermain, maka nantinya anak Anda akan membangun pengertian yang ada kaitannya dengan pengalamannya.

Ciptakan lingkungan kondusif

Lingkungan memang harus diciptakan sedemikian rupa, sehingga bisa terlihat menarik dan juga menyenangkan dengan cara memperhatikan faktor keamanan maupun kenyamanan yang bisa dukung kegiatan bermain dan berlajar anak.

Berpusat pada anak

Pembelajaran di pendidikan anak usia dini atau PAUD ini hendaknya menempatkan anak sebagai sebuah subjek pendidik. Oleh sebab itulah, semua kegiatan pembelajaran akan diarahkan atau pun berpusat kepada anak. Dalam pembelajaran berpusat kepada anak, anak diberikan kesempatan untuk bisa menentukan pilihannya sendiri, mengemukakan pendapatnya, dan juga aktif melakukan maupun mengalami sendiri. Pendidik atau guru bertindak sebagai pembimbing maupun fasilitator.

Memakai pembelajaran terpadu

Pembelajaran pada PAUD atau pendidikan anak usia dini ini dengan menggunakan pembelajaran terpadu. Yang mana untuk setiap kegiatan atau aktifitas pembelajaran mencakup pada pengembangan semua aspek perkembangan sih anak itu sendiri. Hal yang demikian ini dilakukan karena antara satu aspek perkembangan dan aspek perkembangan lain saling berkaitan dengan sangat baik. pembelajaran terpadu ini dilakukan dengan cara menggunakan tema sebagai wahana untuk kenalkan berbagai konsep pada acara secara utuh.

Demikian informasi tentang ragam pendidikan anak di usia dini yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. sumber : dosenpendidikan.com