Selamat Lulus SBMPTN! Jangan Terlampau Senang, Ikuti Tiga Pesan Ini

By | July 8, 2019

Selamat Lulus SBMPTN! Jangan Terlampau Senang, Ikuti Tiga Pesan Ini

Selamat Lulus SBMPTN! Jangan Terlampau Senang, Ikuti Tiga Pesan Ini

Selamat Lulus SBMPTN! Jangan Terlampau Senang, Ikuti Tiga Pesan Ini

Siapapun pasti senang jika lolos Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tiket masuk ke PTN bergengsi bisa sudah tentu bisa membahagiakan orang tua. Namun, jangan terlalu berbangga atau berbahagia larut dalam euforia berlebihan ya.

Sebab, setelah lulus ada banyak syarat yang harus diperhatikan. Salah satunya setiap calon mahasiswa yang diterima wajib melakukan daftar ulang. Jika sampai tidak mematuhi kewajiban daftar ulang atau menyerahkan berkas tertentu, siap-siap impian menjadi mahasiswa di kampus negeri bisa jadi kandas.

“Terlalu senang-senang euforia lihat dari medsos lolos dan diterima, setelah itu lalu apa? Perhatikan tahapannya,” tukas Sekretaris Pusat SBMPTN 2017 Joni Hermana kepada JawaPos.com, Senin (12/6).

1. Daftar Ulang

Jika calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos SBMPTN

lupa mendaftar ulang dan menyerahkan berbagai berkas, bisa saja pihak kampus menolak. Masalah administrasi tetap saja penting dan harus diperhatikan calon mahasiswa. Saat sudah menjadi mahasiswa adalah posisi tertinggi dari siswa. Itu artinya harus lebih mandiri, detail, dan teliti dalam setiap langkah.

“Jangan asal senan-senang diterima. Tak tahu kapan harus daftar, tak tahu persyaratannya. Jadi pesan saya, kalau memang sudah lolos, baca lagi syarat dan ketentuannya harus apa,” jelas Joni.

2. Jangan Sia-Siakan Kesempatan dan Bangku PTN

Jika sampai ditolak kampus yang dituju hanya gara-gara masalah administrasi, maka bangku tersebut bisa dialihkan untuk kuota jalur mandiri di kampus tersebut. Menurut Joni, kasus calon mahasiswa lupa daftar ulang banyak terjadi.

“Banyak yang masalah begini. Telat daftar ulang misalnya, maka bangkunya dialhikan

untuk program jalur mandiri. Misalnya ada 5 persen yang enggak daftar ulang, maka 5 persen untuk jalur mandiri. Jangan sampai sia-sia,” tukasnya.

3. Jika Gagal, Jangan Putus Asa

Jika ternyata tidak lolos, maka masih banyak kesempatan lain. Sedikitnya ada 40 persen calon mahasiswa yang diterima lewat jalur SBMPTN di setiap kampus.

“Bagi mereka yang tak diterima di jalur SBMPTN, maka masih bisa daftar di jalur mandiri. Jangan lupakan juga SBMPTN ini hanya diwakilkan oleh 85 PTN, dari total 140 PTN dan 4300 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Masih banyak kesempatan, masih terbuka luas di tempat lain,” tutur Joni. (cr1/JPG)

 

Sumber :

https://articles.abilogic.com/372235/chemical-periodic-table-system.html