SIMULASI GUNA SUKSESKAN PEMILU TAHUN 2019

By | April 24, 2019

SIMULASI GUNA SUKSESKAN PEMILU TAHUN 2019

 

SIMULASI GUNA SUKSESKAN PEMILU TAHUN 2019

Kabupaten Malang

Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kabupaten Malang menggelar Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi dalam rangka jelang Pengamanan Pemilu Tahun 2019 di Lapangan Parkir Luar Stadion Kanjuruhan, Kota Kepanjen, Rabu (10/4) pagi. Ribuan personil gabungan dari TNI, Polri, pemerintah daerah dan masyarakat dilibatkan dalam kegiatan simulasi ini. Kali ini, skenario yang disimulasikan adalah pengamanan penghadangan kotak suara di TPS dan keributan massa di kantor PPK karena tidak terima hasil keputusan pemilu.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan agar dapat mengantisipasi setiap kecenderungan perkembangan situasi berpotensi menganggu stabilitas keamanan dan merusak jalannya proses pesta demokrasi pada 17 April nanti. Kegiatan diawali digelarnya apel kesiapsiagaan Satlinmas. Dandim 0818 Kabupaten Malang/Kota Batu, Letkol (Inf) Ferry Muzawwad sebagai Pembina Apel sekaligus mewakili Wakil Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM. Sementara, tampak tamu undangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kota Malang dan Batu, serta sejumlah wilayah di Jatim juga hadir.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang

Saya menyambut baik pelaksanaan Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Simulasi Satlinmas ini. Tentu kita berharap agar seluruh komponen di wilayah Kabupaten Malang, memiliki visi dan misi yang sama dalam mewujudkan keamanan, guna menyukseskan Pemilu tahun 2019. Pesta demokrasi terbesar, tanggal 17 April 2019 menjadi hari bersejarah bangsa Indonesia, karena untuk pertama kalinya pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilu Legislatif  diselenggarakan secara serentak,” terang Ferry membacakan sambutan Wabup Malang.

Pemilu Tahun 2019

Ia menyampaikan, perkembangan situasi Pemilu Tahun 2019 ini, menuntut optimalisasi tugas Tiga Pilar Plus dalam memperkuat sinergitas Pemerintah Daerah, TNI, POLRI dalam menyukseskan gelaran Pemilu Tahun 2019. Baik selama masa kampanye, masa tenang, saat pencoblosan di bilik suara, maupun pada saat perhitungan suara di setiap PPK. Oleh karena itu, lanjut Dandim, perlu adanya pengamanan yang ekstra dari petugas keamanan, mulai dari TNI, POLRI maupun Satuan Perlindungan Masyarakat.

Pemkab Malang bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Melaksanakan Kegiatan Apel Kesiapsiagaan dan Gelar Simulasi Satlinmas. Tujuan utamanya adalah memberikan edukasi kepada anggota Satlinmas Desa/Kelurahan, sekaligus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, serta ketangkasan setiap personilnya. Sehingga mereka siap melaksanakan tugas dan kewajibannya menyukseskan Pemilu Tahun 2019, agar berjalan tertib, aman dan lancer,” ujar Ferry.

Di wilayah Kabupaten Malang

Berdasarkan data dari KPUD Kabupaten Malang tercatat sebanyak ± 1.996.857 DPT, 8.409 TPS, dan 77.000 Petugas Keamanan, yang akan terlibat pada Pemilu Tahun 2019 ini. Sedangkan pengamanan di TPS sendiri melibatkan pengamanan langsung dari ± 16.818 anggota Satlinmas Desa/Kelurahan, untuk pengamanan tidak langsung melibatkan ± 8.150 anggota Satlinmas Desa/Kelurahan maupun Kecamatan. Sehingga secara keseluruhan, anggota Satlinmas Kabupaten Malang yang terlibat nantinya sebanyak 24.968 personil.

 

Artikel terkait :