Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

By | April 10, 2019

Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

 

Tips memilih kamera DSLR untuk pemula

ini akan sangat dibutuhkan oleh mereka yang baru menekuni dunia fotografi atau memiliki hobi fotografi. Tidak hanya itu, mereka yang senang travelling pun akan sangat membutuhkan tips ini.

Pasalnya, mengabadikan momen terindah saat berlibur adalah sesuatu hal yang wajib dilakukan sekaligus pantang untuk dilewatkan. Lalu, bagaimana panduan memilih kamera DSLR terbaik untuk pemula? Berikut rangkumannya;

Ini dia 6 tips memilih kamera DSLR untuk pemula

Pertama, cek fitur

Anda yang sedang hendak membeli kamera DSLR hendaknya memastikan apa saja fitur yang ditawarkan. Namun, ada satu fitur yang harus Anda pastikan dan utamakan. Adalah resolusi dari kamera tersebut, berapa mega pixel?

Jika Anda membutuhkan kamera DSLR hanya untuk foto dan dipamerkan di dunia maya, sepertinya resolusi yang besar tidak terlalu dibutuhkan. Akan tetapi, jika yang Anda butuhkan adalah foto yang harus dicetak dalam ukuran besar, 10R ke atas, Anda membutuhkan kamera dengan resolusi dari 4 MP hingga ke atas.

Selain resolusi, Anda juga perlu memperhatikan ISO yang bisa menunjukkan sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya. Perlu Anda ketahui bahwa ISO selalu berbanding lurus dengan cahaya yang akan didapatkan. Artinya, semakin besar ISO, semakin baik pula kamera tersebut akan menangkap cahaya.

Kedua, speed

Anda tentu tahu bahwa kamera DSLR memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang kamera saku. Namun demikian, saat hendak membeli kamera DSLR, Anda tetap harus memperhatikan speed-nya. Karena dengan demikian, Anda dapat mengambil gambar bergerak dengan mudah.

Ketiga, ukuran dan model

Meskipun memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang kamera saku, Anda tetap bisa menemukan kamera DSLR yang lebih ringan dengan kualitas terbaik.

Keempat, image stabilization

Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambar yang baik meskipun terjadi getaran atau gerakan yang tidak disengaja saat mengambil gambar. Selain itu, Anda juga akan tetap mendapatkan gambar jernih meskipun pencahayaan kurang atau pengambilan gambar dilakukan dari jarak jauh.

Kelima, sensor

Sensor untuk menangkap gambar sangat penting menjadi perhatian Anda. Nah, dalam hal ini Anda bisa memilih 1 dari 3 jenis kamera DSLR berikut;

a.    Kamera full frame
Pilihan kameranya: Nikon D600/D800/D700, Nikon D4, dan Sony A99
b.    Kamera crop sensor
Pilihan kameranya adalah Canon 600D, Canon 650D, Canon 60D/7D, Sony A390, dan lain-lain
c.    Kamera four thirds

Inilah kamera DSLR yang sedang tren dan menjadi pilihan banyak orang, Anda juga bisa memilih kamera four thirds ini karena memiliki ukuran dan model yang kompatibel. Contoh kameranya adalah Sony NEX, Panasonic GF, Olympus EPL/EPM/EP, dan lain-lain. Harganya pun terbilang sesuai dengan kantong, yaitu kurang dari 5 juta rupiah. Misalnya, Sony Alpha 3000 dan Samsung NX 1000.

Keenam, kenali kebutuhan dan hitung budget

Tentu saja sebelum memilih kamera DSLR untuk pemula ini, Anda perlu mengenali kebutuhan Anda terlebih dahulu. Dengan tahu kamera akan Anda gunakan seperti apa, Anda akan lebih bisa menentukan kamera terbaik. Dalam hal ini, Anda juga harus menentukan dana yang Anda siapkan untuk membeli kamera.

Inilah 6 tips memilih kamera DSLR untuk pemula, Anda dapat menggunakannya sebagai panduan atau pedoman saat membeli kamera DSLR impian.

Sumber : https://duniapendidikan.co.id/