Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

By | April 10, 2019

Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

Tips Sehat Memakai Lensa Kontak

Lompo Ulu. Pada awalnya, lensa kontak diciptakan untuk memudahkan para pemakai kacamata dalam beraktivitas. Namun saat ini lensa kontak dijadikan sebagai salah satu bagian dari fesyen. Tapi dibalik kegunaannya dalam mempercantik penampilan, lensa kontak tetaplah objek asing yang bersentuhan langsung dengan mata kamu. Artikel ini akan memberikan tips sehat bagi para pemakai lensa kontak.

 

Rajin cuci tangan

Mencuci tangan sebelum memasang lensa kontak dan saat akan melepasnya merupakan hal yang paling penting. Tujuannya tidak lain untuk mengurangi adanya kotoran atau kuman dari tangan yang menempel ke lensa kontak kamu..

 

Jangan pernah tidur dengan lensa kontak yang masih menempel

Mungkin ada beberapa jenis lensa kontak yang diklaim aman untuk dipakai saat tidur. Namun sebaiknya Anda selalu melepas lensa kontak sebelum tidur. Hal ini bermanfaat untuk mencegah infeksi mata karena lensa kontak.

 

Jangan memakai lensa kontak saat mandi atau berenang

Mandi dan berenang adalah kegiatan yang sebaiknya tidak Anda lakukan dengan memakai lensa kontak. Sebab air dari bak mandi atau bahkan di kolam renang mengandung jenis organisme yang disebut acanthamoeba. Sebuah organisme yang menyebabkan infeksi mata.

 

Cuci lensa kontak setelah dipakai

Selain mencuci tangan, selalu cucilah lensa kontak setelah digunakan dengan larutan yang khusus. Selain itu, tempat penyimpanan lensa kontak kamu pun harus tetap terjaga kebersihannya.

Lensa kontak yang awalnya bermanfaat untuk mata Anda mampu menyebabkan infeksi mata apabila tidak Anda jaga kebersihannya. Sehingga selalu perhatikan kebersihan tangan saat akan memasang lensa kontak, lensa kontak itu sendiri, dan tempat menyimpan lensa kontak. Selain itu hindari melakukan aktivitas yang mampu membahayakan penggunaan lensa kontak pada mata Anda.

Sumber : https://pendidikan.co.id/