Upacara HUT Prov. Jabar 73 di Lapangan Gasibu Bandung

By | March 5, 2019

Upacara HUT Prov. Jabar 73 di Lapangan Gasibu Bandung

 

Upacara HUT Prov. Jabar 73 di Lapangan Gasibu Bandung

Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73, Minggu (19/8). Peringatan hari jadi digelar di Lapangan Gasibu, Bandung. Upacara dipimpin langsung oleh Pejabat (PJ) Gubernur Jabar H. Mochhamad Iriawan. Upacara diikuti ratusan peserta upacara yang berasal dari 27 Kabupaten/Kota se-Jabar.

HUT Jabar dan HUT Republik Indonesia

“Semoga momentum HUT Jabar dan HUT Republik Indonesia menjadi pengingat dan penyemangat untuk terus melestarikan nilai-nilai perjuangan para pahlawan nasional,” pesan Iriawan.

Dalam sambutannya

Iriawan menambahkan hingga saat ini kontribusi Prov. Jabar terhadap negara sangat strategis. Sebagai salah satu dari delapan provinsi yang pertama terbentuk setelah kemerdekaan, Jabar senantiasa menjadi salah satu ptovinsi yang terdepan dalam pembangunan dan inovasi.

“Tidak heran Jawa Barat jadi langganan raihan penghargaan nasional dan internasional. Tetapi tantangan tidak sedikit, salah satunya dalam menghadapi kompleksitas dalam mengedepankan pelayanan publik yang profesional dan bebas dari praktek pungli dan bebas nepotisme,” ingat Iriawan.

Untuk itu Iriawan mengajak

Masyarakat dan aparat pemerintah untuk menebarkan kembali harapan founding fathers untuk terus mencintai rakyat sampai akhir hayat. Dengan dimulai dari diri sendiri, dimulai dari saat ini dan tidak ditunda lagi.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini rangkaian upacara diserahkan penghargaan atas dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018. Penghargaan diserahkan kepada Kapolda Jabar, Kapolda Metro Jaya, Panglima Kodam Siliwangi, dan Panglima Kodam Jaya selaku mitra kerja dalam pengamanan pemilu. Penghargaan juga diberikan kepada Kota Tasikmalaya, Kabupaten Sumedang dan Kota Cimahi selaku daerah dengan partisipasi pemilih tertinggi se-Jabar dalam pemilu kemarin.

UU No. 11 Tahun 1950 yang meliputi wilayah Banten.

Prov. Jabar dibentuk tanggal 4 Juli 1950 berdasarkan UU No. 11 Tahun 1950 yang meliputi wilayah Banten. Namun sejak adanya pemekaran wilayah Banten menjadi provinsi pada tahun 2000, Banten kini telah menjadi provinsi sendiri. Secara administratif, jumlah kabupaten di Jabar terdiri dari 18 kabupaten dan jumlah kota di Jabar terdiri dari 9 Kota. Total kabupaten dan kota yang ada di Jabar adalah 27 daerah.

 

Artikel terkait: