136 Rumah di Desa Bogorejo Sumber Rusak Diterjang Angin Kencang

By | December 17, 2019

136 Rumah di Desa Bogorejo Sumber Rusak Diterjang Angin Kencang

136 Rumah di Desa Bogorejo Sumber Rusak Diterjang Angin Kencang

136 Rumah di Desa Bogorejo Sumber Rusak Diterjang Angin Kencang

Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Rembang pada Rabu siang

(11/12/19). Salah satunya di Desa Bogorejo Kecamatan Sumber, Rembang. Hanya di satu Desa itu, jumlah total rumah rusak terdapat 136 rumah.

Sekretaris Pemerintah Desa (Pemdes) Bogorejo, Agus Iswanto menjelaskan, 136 rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang terdiri dari 2 rumah rusak berat alias roboh. Dan sebanyak 134 rumah rusak ringan. Ditambah 1 unit gudang penggilingan padi yang kini kondisinya porak poranda.

2 rumah rusak berat alias roboh adalah milik Kasnadi yang berada di Rt 5 Rw 1. Dan milik Sutaman yang berada di Rt 3 Rw 2 Desa Bogorejo Kecamatan Sumber, Rembang.

“Pemerintah Desa sudah melakukan pendataan, ada sebanyak 2 rumah rusak berat

itu milik pak Kasnadi dan Sutaman. Dan 134 rumah rusak ringan, rata-rata gentengnya yang berterbangan. Ditambah satu gudang penggilingan padi,” terangnya.

Jumlah rusak paling banyak berada di wilayah RT 1 sampai RT 4 RW 1, dengan total rumah rusak sebanyak 66 rumah. Selain itu, 20 rumah rusak berada di wilayah RT 5 RW 1, dan 48 rumah rusak berada di wilayah RT 1 sampai RT 5 lingkup RW 2.

Sementara saat dikonfirmasi, Kepala seksi kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah

(BPBD) Kabupaten Rembang, Pramujo mengatakan, total ada sebanyak 13 wilayah di Kabupaten Rembang yang terdampak angin puting beliung.

“Ada 13 titik yang melaporkan dampak kerusakan. Kecamatan Rembang kota ada 4 Desa, Kecamatan Kaliori 7 Desa dan Kecamatan Sumber ada 2 Desa,” jelas Pramujo.

Hingga kini, tim BPBD Rembang masih terus melakukan inventarisasi data dampak akibat insiden angin kencang tersebut. Baik secara material, ataupun bilamana ada korban warga.

“Sampai saat ini tim kami masih di lapangan melakukan inventarisasi dampak musibah ini. Rata-rata memang kerusakan rumah atapnya itu rusak. Ada juga pohon roboh, tiang listrik roboh juga. Tepatnya nanti akan kami informasikan,” terangnya. (DM38)

 

Sumber :

http://student.blog.dinus.ac.id/handay/missile-escape/