3 Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk 500 Universitas Terbaik Dunia

By | October 12, 2019

3 Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk 500 Universitas Terbaik Dunia

3 Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk 500 Universitas Terbaik Dunia

3 Perguruan Tinggi di Indonesia Masuk 500 Universitas Terbaik Dunia

Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) masuk dalam peringkat 500 besar universitas terbaik dunia.

”Tahun ini ada pergerakan besar peringkat perguruan tinggi Indonesia di dunia.

Perguruan tinggi mulai bergerak meningkatkan mutunya. Ada tiga perguruan Indonesia yang masuk 500 besar dunia,” ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Tarakan, Kamis (8/6).

Pemeringkatan dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2017/2018 terhadap lebih dari 959 perguruan tinggi di 84 negara di dunia yang dirilis Kamis (8/6).

Universitas Indonesia naik 48 peringkat, dari tahun sebelumnya di posisi 325 sekarang di posisi 277. Institut Teknologi Bandung juga naik di peringkat 331, sedangkan Universitas Gadjah Mada naik menjadi peringkat 402.

Peringkat perguruan tinggi di Indonesia juga lebih baik dibandingkan tahun lalu.

 

Pada 2016, hanya ada dua universitas di Indonesia yang masuk peringkat 500 besar dunia, yakni UI dan ITB.

Nasir menambahkan hasil pemeringkatan ini menunjukkan kualitas perguruan tinggi Indonesia semakin baik dari tahun ke tahun.

Hasil ini juga membuktikan pendidikan tinggi di Indonesia telah diakui dunia  dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di luar negeri.

Kendati demikian, Nasir menyampaikan jumlah perguruan tinggi di Indonesia

yang masuk peringkat 500 besar masih minim.

Dia pun membandingkan Indonesia dengan Cina yang menempatkan belasan universitas pada peringkat 500 dunia.

Padahal, Negeri Tirai Bambu memiliki universitas lebih sedikit dibandingkan Indonesia. Tiongkok yang berpenduduk lebih dari 1,3 miliar memiliki 2.825 perguruan tinggi.

Indonesia dengan penduduk ‘hanya’ 257 juta memiliki perguruan tinggi dua kali lebih banyak dibandingkan Cina. Data di Kemenristekdikti, terdapat 4.498 perguruan tinggi di seluruh Indonesia, baik negeri maupun swasta, dengan 25.548 program studi.

 

Sumber :

https://www.artstation.com/ahmadali88/blog/W6jZ/history-of-the-kutai-kingdom