AKUMULASI KAPITAL

By | September 8, 2020

AKUMULASI KAPITAL

  Akumulasi kapital adalah salah satu faktor penting bagi pertumbuhan ekonomi. Dan dapat terwujud dalam tabungan rill, sehingga sumber uang yang semula tujuannya untuk konsumtif dapat diarahkan untuk tujuan produktif. Perlu adanya mekanisme kredit, agar sumber uang tersebut bisa digunakan investor terutama untuk membuat barang capital yang produktif. Yang mempengaruhi mobilitas, alokasi capital dan dapat menyalurkan  tabungan investasi produktif.  Tanpa tambahan output akan menyebabkan inflasi[2].

  Jadi untuk perkembangan ekonomi tidak sekedar menaikkan akan uang,akan tetapi juga menaikkan jumlah output riil. Kekurangan-kekurangan di bidang teknik yang diperlukan tidak dapat di atasi hanya dengan menambah uang saja. Yang diperlukan adalah pembentukam capital rill tidak dalam bentuk uang. Yang diperlukan dalam mengukur banyaknya kapital diantaranya :

  1. Perkiraan tingkat pertambahan penduduk
  2. Target kenaikan pendapatan rill perkapita
  3. Angka rasio pertambahan  antara investasi dan output.

Intinya jika ingin menaikan pendapatan per kapita maka juga harus menaikan akumulasi kapital. Maka dari itu investasi harus di tingkatkan. Berikut ini merupakan cara-cara untuk menaikan tingkat investasi:

Sumber :

https://businessnews.id/