Belajar Kepemimpinan Lewat Mentoring

By | September 26, 2019

Belajar Kepemimpinan Lewat Mentoring

Ada tidak sedikit tantangan dan persoalan yang mesti dihadapi seorang pengusaha, mulai dari menggali investor, menyiapkan sumber daya insan (SDM), perluasan bisnis, sampai mengolah sistem pengelolaan SDM. Apalagi untuk pemula yang tidak cukup makan asam garam. Karena itu, menggali mentor bisnis tidak jarang disarankan.

“Saat membina usaha, lagipula kalau baru kesatu kali, tidak sedikit hal yang anda tidak tahu. Kans guna jatuh dan menciptakan kesalahan lumayan besar. Bagaimana metodenya menghindari kekeliruan yang tidak butuh dengan belajar untuk orang yang telah pernah melewati proses itu. Di sinilah peran urgen seorang mentor,” ungkap Sati Rasuanto, Managing Director Endeavor Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari Sati, seorang mentor pun dapat memberikan tidak sedikit perspektif baru dan masukan yang susah terdeteksi atau terbaca dari kacamata pelaku bisnis tersebut sendiri. Ia mengatakan, seringnya, di tengah proses mentoring ini pengusaha baru menyadari bahwa sebelum menjangkau tujuan mereka, terdapat hal beda yang mesti dirapikan terlebih dahulu. Di etape inilah kalibrasi bisnis berlangsung.

“Kalibrasi ini urgen sebelum anda melangkah ke langkah berikutnya,” papar Sati, menambahkan bahwa tingkat keberhasilan kalibrasi bisnis ini bakal tinggi dengan pertolongan para mentor.

Kalibrasi bisnis ini penting dilaksanakan sebelum dan sekitar proses mentoring untuk memahami posisi bisnis anda dan ke mana kita membawa bisnis itu ke depannya. Kalibrasi bisnis ini menjadi perangkat kita guna mengevaluasi mengenai apa yang telah kita bangun, hingga di mana, dan apakah masih cocok dengan yang anda inginkan.

Setidaknya, terdapat dua pembelajaran urgen yang dapat digali dari semua mentor, yaitu: bagaimana memungut keputusan yang lebih baik dan soal kepemimpinan. Ya, membina bisnis tidak saja bicara soal teknis, namun bagaimana sebagai pemimpin kita dapat mengelola SDM dengan baik.

Baca Juga :