BUDIDAYA BAWANG PUTIH

By | August 1, 2020

BUDIDAYA BAWANG PUTIHBUDIDAYA BAWANG PUTIH

CARA MENANAM / BUDIDAYA BAWANG PUTIH, Bawang putih atau garlic , allium sativum, adalah tanaman jenis umbi yang dipercaya telah tumbuh di daratan Asia 7000 tahun terutama di Asia tengah dan digunakan sebagai bahan bumbu dan pengobatan sejak dahulu kala.

CARA MENANAM /BUDIDAYA BAWANG PUTIH

BIBIT BAWANG PUTIH

Untuk mendapatkan bibit yang bagus harus diseleksi pada umbinya yang sehat dan tidak bekas terserang penyakit , umbi harus cukup umur agar pertumbuhannya seragam.

PERSIAPAN LAHAN

Lahan di bersihkan dari rumput liar dengan di semprot herbisida agar akar nya mati lalu tanah di gembrkan dengan di bajak atau dicangkul dengan kedalaman 25 � 30 cm kemudian di ratakan selanjutnya di beri pupuk kompos dari kotoran ayam atau bokashi 10- 15 ton per hektar lalu di buat bedengan dengan tinggi 30 cm lebar 80 cm ,jarak antar bedengan atau kalen 50 cm , sebelum bedengan jadi lebih baik di beri pupuk dasar yaitu campuran ZA + Phonska 250 kg per hektar.lalu baru bedengan di haluskan atau di ratakan bagaian atasnya.

PENANAMAN BAWANG PUTIH

Bedengan di aliri air sampai basah merata ,lalu buang ,sisakan 1/3 ,lalu tancapkan/ benamkan benih bawang putih kedalam tanah ,dengan jarak tanam 20 cm dan jarak larikan 20 � 25 cm , lalu tutup dengan jerami untuk menjaga kelembaban tanah dan mengendalikan pertumbuhan gulma, selain itu untuk menjaga kesuburan tanah karena setelah membusuk jerami menjadi pupuk kompos .

PERAWATAN TANAMAN BAWANG PUTIH

Penyulaman atau penjarangan

Penyulaman di lakukan bila ada tanaman yang mati atau kurang sehat di ganti dengan tanaman baru agar tanaman tetap rapat sedangkan penjarangan di lakukan bila tanaman tumbuh terlalu rapat.

Penyiangan dan pembubunan

Penyiangan atau pembersihan rumput liar di sekitar tanaman di lakukan 2 minggu sekali atau apabila gulma telah tumbuh dan pembubunan atau ipuk ( mengembalikan bentuk bedengan ) agar pertumbuhan akar tanaman tidak terganggu dilakukan 2 minggu sekali.

Pemupukan tanaman bawang putih

Pemupukan tanaman bawang putih terlihat pada Tabel di bawah ini

pemupukan
umur
Urea
Za/Npk
Tsp
Kcl/Zk-plus
1 ( 2 minggu)
140 kg/ha
105 kg/ha
105 kg/ha

2 ( 4 minggu)
50 kg/ha
200 kg/ha
110 kg/ha
105 kg/ ha
3 (6 minggu)
50 kg/ha
150 kg/ha

100kg/ha

Pada pemupukan pertama dan ke tiga perlu ditambahkan Furadan / Regent dengan dosis 14 kg/ ha. Untuk mengendalikan hama dari tanah. cara pemberian pupuk dengan di buat tugal pada larikan lalu ditutup dengan tanah dan dilakukan pengairan.

Pengairan dan penyiraman

Penyiraman pada tanaman yang baru di lakukan tiap hari dengan di gembor lalu Pengairan / lep dilakukan 1 minggu sekali atau melihat kondisi tanah bila agak kering. Penyiraman di hentikan pada saat akan panen.

 

Recent Posts