Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

By | July 22, 2020

Cara Memandikan Kucing Dengan Benar

Cara Memandikan Kucing Dengan Benar


Setiap orang tahu, bahwa kucing tidak menyukai air, tapi yang selalu disukai oleh kucing adalah berguling-guling di tanah. Tentunya hal ini cukup merepotkan bukan? Mereka begitu suka memenuhi tubuh mereka dengan tanah dan pasir, meskipun mereka bisa memandikan diri mereka sendiri dengan menjilat, namun hal tersebut tetap kurang efektif untuk menjaga tubuh mereka dari jamur dan bakteri.

Kamu pasti pernah mencoba memandikan kucing, dan kucingmu berontak sekali, iya kan? Tenang saja, hal tersebut lumrah terjadi di kalangan pecinta kucing. Bahkan, kebanyakan dari mereka tidak pernah memandikan kucing mereka. Ini bukanlah hal yang cukup baik, mengingat memelihara kucing artinya sama dengan membiarkan mereka masuk ke dalam kehidupan kita, apalagi kalau kita sudah berkeluarga, tentunya kita ingin menjaga setiap keluarga kita dari bahaya yang mungkin terjadi dari kucing, tapi kita juga masih ingin memelihara kucing tersebut.

Disinilah peran kita sebagai pemilik kucing untuk menjaga kucing tetap sehat dengan  memandikannya, tidak perlu terlalu sering, cukup seminggu sekali saja. Namun, memandikan kucing juga bukan asal-asalan loh, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas ‘Bagaimana cara memandikan kucing dengan benar?’ perhatikan langkah berikut.

PERHATIAN! Langkah Ini Hanya Untuk Kucing Dewasa Atau Lebih Dari 3 Bulan

Perhatian!

  1. Ketahui kapan waktu yang tepat saat akan memandikan kucingmu (Contoh: saat kucingmu lagi goodmood misalnya)
  2. Usahakan jangan sampai perut kucingmu kosong saat dimandikan. Jadi, bisa diberi makan dulu.
  3. Gunakan air hangat untuk memandikannya. Ingat ya! Air Hangat, Bukan Air Panas! Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa kucing berontak saat dimandikan, dengan air hangat diharapkan meminimalisir pemberontakan oleh kucing, selain itu beberapa kucing juga cukup sensitif dengan air dingin.
  4. Gunakan shampoo khusus kucing, jangan shampoo manusia!
  5. Potong kuku kucing sebelum memandikannya (Khusunya kucing yang suka berontak)

Persiapan

  1. Air hangat
  2. Shampoo (Khusus Kucing)
  3. Ember
  4. Alat pengering (Blower / Hair dryer)
  5. Handuk atau kanebo (Gunakan salah satu)
  6. Cotton Bud
  7. Baby Oil

Langkah-langkah

  1. Basahi tubuh kucing dengan merata. Gunakan air hangat tadi untuk membasahi tubuh kucing hingga kulitnya, perhatikan agar air tidak sampai masuk telinga kucing.
  2. Shampoo. Gunakan shampoo pada kucing merata ke seluruh tubuhnya hingga kulit, kamu bisa meratakannya dengan sekalian memijat agar makin meresap. Perhatikan lagi agar shampoo tidak masuk kedalam telinga, mata, hidung dan mulut si kucing.
  3. BilasSeperti mencuci saja hehehe. Bilas tubuh kucing dari shampoo menggunakan air hangat, dan pastikan tidak ada shampoo yang tersisa di tubuhnya.
  4.  Keringkan Tubuh Kucing. Setelah semua shampoo di tubuhnya bersih, gunakan handuk atau kanebo untuk meresapkan semua air yang ada di tubuh kucing. Langkah terakhir adalah menggunakan blower atau hair dryer.
  5. Langkah Optional. Meskipun optional, tapi cukup berpengaruh pada penampilan si kucing, yakni bagian telinga. Cukup padukan cotton bud dengan baby oil, lalu bersihkan telinga kucing seperti halnya pada manusia. (Bersihkan dengan lembut, hati-hati agar tidak terlalu masuk kedalam telinga kucing)

Recent Posts