Gini Nih Caranya Ngecek Hardware di Samsung S5

By | April 23, 2020

Gini Nih Caranya Ngecek Hardware di Samsung S5

 

Gini Nih Caranya Ngecek Hardware di Samsung S5

Gini Nih Caranya Ngecek Hardware di Samsung S5

Seperti yang udah diketahui khalayak umum prends, beberapa minggu yang lalu pabrikan Samsung menelurkan generasi penerus hape pintarnya, apalagi kalo bukan Samsung Galaxy S5. Hape pintar ini mempunyai banyak sekali fitur yang menggiurkan loh, tapi fitur kece tersebut gak akan bisa berfungsi optimal kalo perangkat kerasnya atau istilah kerennya disebut hardware juga gak berfungsi optimal pula prends.Tapi tenang aja prends, ada cara jitu buat mengecek kinerja hardware Samsung Galaxy S5. Gak perlu download aplikasi-aplikasi khusus kok prends, gak perlu install aplikasi-aplikasi khusus juga, dan gak perlu alat-alat tetek bengek gitu. Ternyata nih Samsung udah melengkapi Galaxy S5 agar para penggunanya bisa mengakses sebuah menu rahasia untuk mengetahui kinerja hardware. Pokoknya kamu tinggal mengikuti cara yang akan kami berikan berikut ini, monggo disimak prends caranya.

Kamu tinggal masuk ke menu Phone yang gambarnya gagang telepon itu loh prends, kalo udah cukup ketikkan *#0*# dan gak usah mencet menu call loh ya karena kalo kamu dah mengetikkan kode tersebut maka secara otomatis Samsung Galaxy S5 akan masuk ke menu service mode.
Cara Mengakses Service Mode Galaxy S5

Cara Mengakses Service Mode Galaxy S5 via Android Central

Nah kalo sudah masuk ke service mode tersebut, kamu akan bisa melakukan pengecekkan buat beberapa hal gitu prends. Hal-hal apa aja sih yang bisa kamu cek? Lumayan banyak juga sih prends, berikut penjabarannya.
1. Red, Green, and Blue (Merah, Ijo, dan Biru)

Menu pengaturan ini untuk mengetahui apakah ada dead pixel apa gak, karena dengan mengecek warna merah, ijo, dan biru pada menu ini maka bisa mengetahui kalo ada dead pixel gitu.
2. Receiver

Kalo yang ini untuk mengetahui apakah suara keras yang dikeluarkan melalui speaker yang ada pada bagian atas display berfungsi dengan normal apa gak. Sapa tau nanti kalo rusak suaranya jadi cempreng gak karuan gitu prends.
3. Vibration

Dari namanya juga dah pada tau kan prends kalo menu yang satu ini untuk mengecek apakah Samsung S5 bisa bergetar dengan baik apa gak.
4. Dimming

Kalo yang ini untuk mengetahui kemampuan display dalam brightness terendah gitu, kan kalo brightnessnya terang terus nanti matanya gampang capek gitu prends.
5. Mega Cam

Ini untuk mengetes kamera utama hape prends, apakah bisa digunakan buat motret apa gak.
6. Sensor

Ini untuk mengetahui apakah semua sensor yang ada di hape berfungsi dengan baik apa gak gitu prends, soalnya maklumlah hape canggih mesti banyak sensornya gitu.
7. Touch

Berhubung sekarang kebanyakan hape pintar menggunakan layar sentuh, maka menu ini untuk mengetahui apakah fungsi touchscreen pada hape berfungsi dengan baik apa gak. Kamu bisa mengecek display digitizer untuk memastikan touch input secara benar, caranya ikutin pola yang muncul di screen menggunakan jari kamu prends.
8. TSP Hovering

Menu ini hampir sama seperti fungsi touch prends. Dengan menu ini maka kamu bisa mengecek apakah hape S5 kamu bisa mendeteksi gerakan ujung jari dengan baik apa gak. Soalnya nih hape S5 ini sangat sensitip terhadap touch input gitu prends, dan katanya sih bisa mendeteksi pergerakan ujung jari sebelum ujung jari menyentuh layar.
9. Sleep

Dari namanya juga dah ketauan kalo menu ini untuk mengecek kemampuan hape jika akan digunakan dalam sleep mode.
10. Speaker

Tentunya dengan menu ini kamu bisa mengetahui kemampuan speaker hape jika digunakan untuk memutar lagu dengan suara yang sangat keras, biar ketauan speakernya cempreng apa gak gitu prends.
11. Sub Key

Kalo seumpama tombol capacitive back dan multitasking di hape S5 ada masalah gitu prends, maka dengan Sub Key akan memungkinkan kamu buat mengetes kedua tombol tersebut untuk menampilkan warna pada saat kamu tap. Nah kalo seumpama ada satu dari kedua tombol tersebut ada yang tidak berfungsi maka hape kamu dapat dipastkan mengalami masalah software.
12. Front Cam

Sesuai dengan judulnya prends, menu ini digunakan untuk mengetes kamera depan hape kamu apakah bisa

berfungsi apa gak, yah biar kegiatan selfie kamu bisa berjalan dengan lancar gitu loh prends.

13. LED

Tes ini digunakan mengetahui apakah fungsi lampu LED hape kamu bisa nyala apa gak gitu.
14. IR LED

Menu ini buat mengetahui apakah fungsi sensor infra merah hape kamu bisa digunain apa gak, tapi nih buat mengetahuinya kamu harus menggunakan Samsung TV prends, karena fitur infra merah di hape S5 merupakan fitur layanan, dan bukan sebuah remote app gitu.
15. Low Frequency

Kalo speaker hape Samsung S5 kamu bisa mengeluarkan suara tapi suaranya yang dikeluarkan kurang oke, maka dengan menu ini kamu bisa mengetes kemampuan output speaker pada beberapa jaringan frekuensi, seperti 100Hz, 200Hz, dan 300Hz.
16. Barcode Emulator Test

Tau kan prends sama yang namanya barcode? dan sekarang banyak aplikasi yang menggunakan barcode gitu buat

dimasukkan ke fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut. Nah dengan menu ini maka kamu bisa mengetahui apakah fungsi barcode hape kamu bisa digunakan untuk membaca barcode dengan baik apa gak.
17. Sensor Hub Test dan Black

Kalo kedua menu tersebut kurang diketahui secara pasti buat apa fungsinya, tapi kalo kamu mengakses menu tersebut maka layar hape akan berubah jadi hitam gitu prends dan akan ada pemberitahuan kalo hape kamu udah menjalani tes, tapi gak dikasih tau tes apaan.

Itu prends menu-menu yang bisa kamu akses secara mudah apabila kamu masuk ke menu service mode, mungkin

kalo seumpama kamu mengalami masalah pada hape Samsung S5 kesayangan kamu bisa melihat apakah harware hape kamu berfungsi normal semua apa gak. Semoga cara yang kami berikan bisa berguna buat kalian ya prends.

gambar: Shutterstock.com”>Hape Samsung Galaxy S5 via Mashable

Sumber:

https://www.thorhammer.co.id/strategy-apk/