Implikasi Mencuatnya Premanisme

By | September 3, 2020

Implikasi Mencuatnya PremanismeImplikasi Mencuatnya Premanisme

Tindakan kejahatan oleh premanisme tersebut menimbulkan dampak  yang meresahakan masyarakat dan lingkungan sekitar, diantaranya:

–          Meningkatnya kasus kriminalitas.

–          Mengganggu stabilitas keamanan masyarakat.

Premanisme memang sudah merajalela  di berbagai daerah, sehingga munculnya kelompok- kelompok kriminal atau geng dapat menimbulkan rasa kurang aman dan meresahkan bagi masyarakat karena adanya gangguan dan ancaman.

–          Dapat merugikan banyak pihak.

Preman yang biasanya menggunakan kekerasan dan kejahatan dapat merugikan banyak pihak. Contohnya dengan adanya pembunuhan, pasti keluarga yang ditinggalkan korban akan merasa sedih dan kehilangan atau melakukan kerusakan pada fasilitas umum jadi banyak pihak yang merasa dirugikan. Bahkan bagi masyarakat yang merasa trauma karena ulah kejahatan preman akan selalu merasa resah .

Fenomena yang seperti ini perlu diatasi dengan melibatkan pihak yang berwajib agarkeamanan dapat teratasi dari adanya gangguan, ancaman, dan tindak kejahatan, disamping itu kita sebagai masyarakat harus saling menjaga keamanan lingkungan agar terhindar dari gejala premanisme.


  1. Solusi Menghadapi Budaya Premanisme

Di zaman yang modern ini, banyak faktor yang Memicu timbulnya sikap premanisme. Berbagai media telah banyak mempublikasikan masalah itu.Perilaku anarki yang selalu mereka tunjukkan kepada masyarakat mengakibatkan banyak dampak negatif. Dampak Dalam aspek fisik bisa berupa kematian dan kerusakan prasarana-prasarana masyarakat. Sedangkan dalam aspek moral adalah trauma yang dialami oleh para korban, merusak mental para generasi muda dan masih banyak yang lain. televisi dan Internet menjadi faktor utama dalam masalah ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa dizaman yang serba modern ini, media massa seperti televisi dan internet telah merasuk dalam jiwa masyarakat.

 

Recent Posts