Inovasi Mahasiswa UNTAG Upayakan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas

By | November 21, 2019

Inovasi Mahasiswa UNTAG Upayakan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas

Inovasi Mahasiswa UNTAG Upayakan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas

Inovasi Mahasiswa UNTAG Upayakan Kurangi Kemacetan Lalu Lintas

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya membuat inovasi

yang berguna bagi Lalu lintas Indonesia.

Pasalnya lalu lintas merupakan sarana yang penting dalam kehidupan, yang mendukung laju pembangunan dan kegiatan ekonomi masyarakat.

Kebutuhan manusia yang tinggi akan transportasi menyebabkan meningkatnya jumlah kendaraan. Sayangnya tidak didukung dengan pertumbuhan infratruktur lalu lintas yang ada sehingga menyebabkan arus lalu lintas terganggu dan kemacetan.

Sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini, Yudi Eka Susanto mahasiswa Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menciptakan lampu lalu lintas pintar berbasis Mikrokontroler.

Inovasi ini pula yang mengantarkan Yudi mendapatkan predikat Skripsi Menarik dari Fakultas Teknik UNTAG Surabaya.

Yudi menuturkan, Smart Traffic Light Berbasis Mikrokontroler ini digunakan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalur yang terjadi penumpukan kendaran dengan memanfaatkan kerja lampu lalu lintas. Sistem lalu lintas yang dirancang oleh Yudi dapat secara otomatis mempertimbangkan nyala lampu lalu lintas berdasarkan dengan antrian kendaraan pada setiap jalurnya.

Adapun sensor utltrasonic yang dirancang dapat mendeteksi kendaraan dalam radius 3-400cm,

dan dirancang sedemikian rupa hingga setelah dilakukan pengujian sensor ultrasonic dapat mendeteksi panjangnya kepadatan dan dapat mengatur seberapa lama nyala lampu lalu lintas sesuai pada kepadatan lalu lintas.

“Cara kerja sistem ini dibuat sesuai dengan yang diharapkan pada lapangan, dilakukan pengujian terhadap lampu lalu lintas pintar berbasis Mikrokontroler ini juga untuk mencari kemungkinan terjadi kesalahan perangkat,” ujar Yudi.

Proses pengujian pun meliputi 4 proses. Pertama pengujian sensor ultrasonic terhadap kendaraan mainan yang difungsikan untuk mengetahui jarak, waktu sensor ultrasonic terhadap kendaraan mainan.

 

Sumber :

https://situsiphone.com/