Jadi Ke Tiga Terbaik di Ajang Internasional

By | May 1, 2020

Jadi Ke Tiga Terbaik di Ajang Internasional

Jadi Ke Tiga Terbaik di Ajang Internasional

CIMAHI – Alat semprot dan pengatur suhu ruangan yang diberi nama

Botani (Robot pembantu petani) hasil karya dua orang siswa kelas 10 Mekatronika SMK Negeri 2 Kota Cimahi, Muftie Insani (17) dan Firman Dwiansyah berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali perunggu dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) yang diadakan di Nagoya, Aicihi, Jepang, sejak tanggal 27-30 Juli 2017.

Botani tersebut sebelumnya sempat dipamerkan dalam pameran sains yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Jakarta. Dari pameran tersebut, akhirnya mereka mendapatkan penghargaan khusus dari Himpunan Biologi Indonesia sehingga bisa berangkat ke Jepang.

International Exhibition for Young Inventors yang diikuti oleh 15 negara Asia

dan Eropa, diantaranya Cina, Taiwan, Hongkong, Filipina, Thailand, Singapura, Malaysia, Rusia, Italia, Macau, dan lain-lain.

“Kalau dari Indonesia, yang berangkat ke Jepang itu ada enam tim, dari Bandung, Cilacap, Cimahi, Bali, Semarang, dan Yogyakarta. Alat yang dibuat juga berbeda-beda kategori, kalau Botani ini untuk kategori Food and Agriculture,” ujar Muftie, ditemui di SMO Negeri 2 Cimahi, Jalan Kamarung, kemarin (1/8).

Menurut Muftie, dirinya bersama Firman membutuhkan waktu 2

bulan untuk menyempurnakan pemembuatan Botani tersebut agar bisa difungsikan secara baik.

 

Baca Juga :