Keadaan Geografi dan Demografi Tunisia

By | September 6, 2020

SEJARAH UMAT ISLAM MASA MODERN DI TUNISIA

Keadaan Negara Tunisia Setelah Merdeka

1. Sistem Pemerintahan dan Politik Tunisia
Sistem pemerintahan yang dianut oleh Tunisia adalah Unitary semi-presidensial. Kepala negaranya adalah seorang Presiden sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri. Presiden Tunisia dipilih secara langsung oleh rakyatnya untuk masa jabatan 5 tahun sedangkan Perdana Menteri dipilih oleh parlemen yang pada umumnya adalah pemimpin partai atau koalisi mayoritas. Parlemen Tunisia yang disebut dengan unicameral Assembly of the Representatives of the People atau Majlis Nuwwab ash-Sha’b ini terdiri dari 217 kursi dengan masa jabatan 5 tahun.
Di hubungan luar negeri, Republik Tunisia adalah negara anggota Liga Arab, PBB, OKI, GNB, WTO, UAM, dan Uni Afrika.
2. Keadaan Geografi dan Demografi Tunisia
Luas wilayah Tunisia adalah sebesar 163.610 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 11.403.800 jiwa berdasarkan estimasi tahun 2017. 40% dari wilayahnya merupakan gurun sahara dan sisanya adalah tanah subur yang dapat ditanami berbagai komoditas pertanian. Mayoritas penduduk di Tunisia adalah etnis Arab (98%) dan beragama Islam (98%), serta agama kristen, yahudi dan lainnya (2%). Bahasa resmi Tunisia adalah bahasa Arab. Selain itu, bahasa Perancis juga banyak dituturkan oleh masyarakat Tunisia.
3. Pertahanan dan Keamanan Tunisia
Sebagai Negara kecil yang berpenduduk 10 juta jiwa, Tunisia memiliki kekuatan pertahanan dan keamanan dengan skala kecil juga. Angkatan bersenjata hanya beranggotakan 49.000 orang, terdiri dari 27.000 tentara angkatan darat, 5000 tentara angkatan laut, 3.500 tentara angkatan udara, dan wajib militer 13.500 orang. Wajib militer selama 2 tahun diharuskan bagi laki-laki yang beumur dibawah 45 tahun.
Kementerian Dalam Negeri Tunisia membawahi satuan khusus yang tergabung dalam Garda Nasional yang beranggotakan 12.000 orang, di samping satuan polisi yang jumlah anggotanya 60.000orang. Kedua unit tersebut merupakan tulang punggung sistem keamanan di Tunisia. Tunisia terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi serta jaminan stabilitas dalam negeri, hal mana telah berperan sangat besar dalam menjamin kelancaran investasi dan program pembangunan nasional.

Recent Posts