Kontroversi Fitur Live Location

By | April 7, 2020

Kontroversi Fitur Live Location

Kontroversi Fitur Live Location

Kontroversi Fitur Live Location

Fasilitas terbaru dari Whatsapp Messenger itu dinilai tidak terlalu

berguna dan menggangu privasi seseorang. Namun, fitur live location bisa dimanfaatkan untuk memantau anak.

APLIKASI berbasis kirim pesan, Whatsapp Messenger melucurkan fitur teranyarnya, yakni live location (LL). Fitur tersebut memungkinkan pengguna membagi posisi keberadaannya secara real time kepada teman chat yang dikehendakinya.

Ada pilihan waktu untuk mengatur berapa lama posisi kita dapat terdeteksi. Pilihannya dari 15 menit, 1 jam, hingga 8 jam.

Penggunaanya sendiri cukup mudah. Lihat Whatsapp

(WA) dalam situs resminya menjelaskan, penggunaan LL cukup dengan memilih fitur location pada tombol attach pada chat pribadi maupun grup yang sedang aktif. Setelah itu akan muncul pilihan share live location dan akan muncul lokasi Anda di peta dan pilihan waktu berapa lama Anda ingin berbagi lokasi. Agar lokasinya lebih akurat, Anda harus mengaktifkan GPS pada ponsel terlebih dahulu.

WA mengklaim fitur itu bermanfaat bagi Anda yang ingin memberi tahu

keadaan secara real time kepada seseorang baik secara personal maupun grup, misalnya jika sedang dalam keadaan darurat, janjian bertemu dengan teman, maupun memantau perjalanan seseorang. Selain itu, WA mengklaim fitur itu aman karena lama waktu dan keinginan berbagi lokasi, semuanya bergantung pada pengguna.

Bagi Akmal Guntara, 28, fitur tersebut tidak akan terlalu berguna saat menggunakannya. Ia tidak ingin orang lain mengetahui lokasinya.

 

Baca Juga :