LAPAN Libatkan ITS dalam Teknologi Pembuatan Satelit

By | December 3, 2019

LAPAN Libatkan ITS dalam Teknologi Pembuatan Satelit

LAPAN Libatkan ITS dalam Teknologi Pembuatan Satelit

LAPAN Libatkan ITS dalam Teknologi Pembuatan Satelit

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali melebarkan sayapnya untuk berkontribusi

dalam perkembangan teknologi negeri. Setelah berhasil mengambil andil dalam proyek pembuatan satelit LAPAN A4 yang sedang dalam proses produksi, kali ini ITS akan dilibatkan pula dalam pembuatan satelit LAPAN A5.

Dalam seri satelit A milik Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ini, LAPAN telah berhasil meluncurkan satelit A1 pada tahun 2007, kemudian meluncurkan satelit LAPAN A2 pada 2012, satelit LAPAN A3 pada 2016 dan LAPAN A4 yang sedang berada dalam proses produksi. Untuk satelit A5, LAPAN secara khusus bekerja sama dengan Chiba University, Jepang.

Dalam kuliah tamu yang bertempat di Ruang Sidang Utama Rektorat ITS,

Rabu (6/9), Dr Albertus Heru selaku Ketua Tim Satelit A5 LAPAN, mengungkapkan bahwa kerja sama antara LAPAN dan Chiba University telah berlangsung sejak penandatanganan Memo of Understanding (MoU) pada Mei 2013 lalu. Chiba University diwakili Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL) milik Prof Josaphat Tetuko Sri Sumantyo PhD.

“LAPAN akan mengerjakan Platform/BUS-nya, sedangkan Profesor Josaphat akan menggarap sensor SAR untuk payload-nya,” jelas pria yang biasa disapa Heru ini dalam kuliah yang bertajuk Perkembangan Teknologi Satelit di Indonesia (A1 – A5) tersebut.

Teknologi yang dikembangkan untuk Satelit LAPAN A5 ini, lanjutnya, merupakan teknologi microsatelit

canggih pertama di dunia yang menggunakan Synthetic Aperture Radar (SAR). Yakni merupakan bentuk radar yang digunakan untuk membuat gambar objek dua dimensi atau tiga dimensi, seperti landscape. SAR merupakan bentuk lanjutan dari Side Looking Airbone Radar (SLAR). Biasanya SAR dipasang pada platform yang bergerak, seperti pesawat terbang atau pesawat ruang angkasa.

 

Sumber :

https://lakonlokal.id/