Macan Lansia Tak Bergigi

By | November 19, 2019

Table of Contents

Macan Lansia Tak Bergigi

Macan Lansia Tak Bergigi

Macan Lansia Tak Bergigi

Ibarat macan, peraturan lalu-lintas di Indonesia itu ‘menyeramkan’. Tapi, macannya sudah lansia alias lanjut usia, jadi tak bergigi deh! Aturan yang mestinya ditegakkan masih mleyot. Kita sempat terkejut dengan regulasi lampu utama motor kudu nyala di siang hari. Disusul aturan pemakaian variasi motor wajib standar sesuai bawaan pabrik. Plus, regulasi helm harus ber-Standar Nasional Indonesia alias SNI.

Kini, harusnya tiga aturan itu ditegakkan. Kudu ada hukuman buat pelanggar. Tilang alias bukti pelanggaran, sidang atau denda. “Tapi sulit mengingat karakter pengendara motor Indonesia bandel,” ujar Aiptu Jarot dari Lantas Polda Metro Jaya. Benarkah?

LAMPU NYALA KALAU INGAT

Mulai dari aturan lampu utama yang menyala di siang hari. Niatnya, aturan ini untuk melindungi biker itu sendiri. Sebab, motor dinilai ‘masih kurang terlihat’ pengendara mobil di siang hari. Jadi, jika terlihat, diharap mengurangi kecelakaan.

Kini penerapannya. Di jalan utama, seperti Jl. Sudirman, di Jakarta, atau Jl. Sudirman di daerah – karena tiap daaerah punya Jl. Sudirman, aturan ini lumayan berjaya. Biker menyalakan lampu utama saat melintas di sana.

Tetapi, di jalan protokol lain – selain kawasan tertib lalu lintas-seperti Jl. Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat atau wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan lampu motor yang berseliweran lebih banyak padam.

“Kalau ini termasuk jalan tikus sih. Saya tiap hari lewat sini. Lampu nyala kalau memang inget. Atau, kalau dari malam lupa dimatikan,” ujar Mukharom. Dia tinggal di daerah Kosambi, Tangerang.

Kebayang, nggak jika di jalan perumahan atau jalan berstrata lebih rendah lainnya. Pasti aturan ini tidak berlaku. Menyedihkan, ya! Kesadaran untuk keselamatan diri sendiri masih rendah. Padahal, jika mau, banyak kok bengkel yang bisa membuat lampu utama langsung menyala ketika motor dihidupkan. Apakah reflektor akan cepat rusak? Mungkin! Tetapi, itu jika lampu menyala terus menerus sangat lama! Padahal perjalanan dari rumah ke tempat kegiatan biasanya hanya 1 sampai 2 jam.

Baca Juga :