Media

By | July 19, 2020

Table of Contents

Media

  Perkembangan media dipengaruhi oleh perubahan struktural dan regulasi menyangkut industri media di setiap negara. Banyak organisasi (media dan agen) berusaha tumbuh melalui deversifikasi dan pengembangan jaringan internasional (pertumbuhan organik dan aliansi). Ada kecenderungan terjadi peningkatan  konsentrasi kepemilikan dan pengendalian terhadap sebagian besar industri media

  oleh sejumlah kecil organisasi atau individu. Contohnya, Rupert Murdoch, Ted Turner, Time-Warner, Bertelsmann, dan Silvio Berlusconi kini memiliki saham yang sangat besar pada media internasional. Salah satu penyebab terjadinya konsentrasi kepemilikan ini adalah keputusan pemerintah di berbagai negara untuk menderegulasi media dan menjalin relasi dagang baru. Implikasinya, jaringan media seperti ini (televisi, koran, majalah, TV kabel, satelit, film, penerbitan, periklanan, bioskop, ritel dan rekaman) menciptakan peluang bagi para pemasang iklan untuk memakai jasa satu penyedia media saja yang kemudian akan menyediakan akses ke jaringan media globalnya. Fasilitas yang di kenal pula dengan istilah ‘one-stop-shopping’  kini telah berkembang pesat ke seluruh dunia.

  Beberapa trend yang dijumpai dalam perkembangan media global antara lain meliputi:

v Belanja iklan untuk media elektronik berkembang pesat dan bahkan ‘menyedot’

     sebagian anggaran belanja media cetak.

v Belanja iklan untuk surat kabar di seluruh dunia mengalami penurunan

     signifikan.

v  Jumlah majalah umum (general interest magazines) berkurang dan sebaliknya,

      jumlah majalah spesifik (specialist interest magazines) berkembang pesat.

v  Pertumbuhan fasilitas satelit memfasilitasi perkembangan jaringan televisi dan

      TV kabel.

SUmber :

https://fgth.uk/kepler-nasa-temukan-20-dunia-baru-yang-berpotensi-dihuni/