Membuat Efek Glitch Video Bokeh di Adobe Premiere Pro

By | October 11, 2020

Tahu istilah “Glitch”? Ya, istilah itu sering disebut dalam film-film ini lho, dan jika anak informatika pasti sudah tidak asing lagi dengan kata yang satu ini (kalau ngomongin tentang algoritma yang dibuat dengan sempurna tapi tiba-tiba celah yang tidak terdeteksi langsung muncul). Namun kami tidak akan membahas error tersebut, pada artikel ini error yang akan dibahas adalah efek transisi video bokeh di Adobe Premiere Pro (untuk versi yang digunakan adalah CC 2015).

Error ini salah satu efek yang saya suka karena sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan proses rendering yang berat. Umumnya efek Glitch ini akan membuat transisi video bokeh effect, di mana transisi tersebut memberikan efek yang agak goyah dan gambar yang blur / buram selama kurang lebih 1 detik (dengan komposisi warna yang diubah). Yang punya banyak kuota atau di jaringan wifi gratis bisa langsung pake gas ke Youtube (saya juga belajar dari sana, hehe), tapi yang hemat bisa baca artikel ini sampai akhir.

Membuat Efek Glitch Adobe Premiere Pro

1. Impor video yang ingin Anda atur waktunya.
2. Perbesar garis waktu hingga Anda dapat memindahkannya dengan 1 bingkai.
3. Potong 8 bingkai atau lebih (tergantung pilihan Anda).
4. Hapus beberapa bagian bingkai (3 atau 4 bingkai, seperti bingkai 1, 3, 6, 8).
5. Gandakan bingkai yang tidak dipindahkan dan tempatkan bingkai duplikat di atas bingkai asli.
6. Ubah skala (buat lebih besar atau lebih kecil) / posisi (ubah posisi agar bingkai duplikat tidak cocok dengan bingkai asli) dari bingkai yang baru diduplikasi.
7. Jika Anda ingin menambahkan efek warna, tambahkan efek Kurva RGB ke bingkai duplikat dan sesuaikan dengan warna yang diinginkan dalam bingkai.

Baca juga: