Mendefinisikan Ekonomis,Efisiensi,Dan Efektivitas

By | March 5, 2020

Mendefinisikan Ekonomis,Efisiensi,Dan Efektivitas

Mendefinisikan Ekonomis,Efisiensi,Dan Efektivitas

Mendefinisikan Ekonomis,Efisiensi,Dan Efektivitas

 Istilah-istilah ekonomis,efisiensi,danefektivitas sering di gunakan bergantian, meskipun terdapat beda tipis pada istilah-istilah tersebut.
Ekonomis (economy) sering digunakan untuk mengartikan penghematan, tetapi sebenarnya artinya lebih dari itu. Implikasi utamanya adalah adanya “manajemen yang berhati-hati” atau “gunakan hingga mendapatkan keuntungan terbaik tanpa ada sisa” makna yang juga bisa diterapkan untuk efisiensi. Istilah tersebut lebih luas diterapkan dibandingkan istilah berhemat, yang hanya mengacu pada seseorang atau pengeluarannya.
Efisiensi (efficiency) berarti meminimalkan kerugian atau penghamburan tenaga ketika memberikan dampak, menghasilkan, atau memfungsikan. Bila mengacu keseseorang, istilah efisien berarti menggunakan keahlian, tahan menderita, dan tetap waspada.Kadang kala menjadi sinonim dengan istilah cakap dan kompeten. Dalam beberapa kasus istilah efisien (efficient) dapat diterapkan ke orang atau operasi yang kompeten dan cakap memproduksi hasil yang diinginkan dengan upaya minimum. Di saat yang sama, Webster mendefinisikan operasi yang efisien sebagai, “operasi yang diukur dari perbandingan hasil-hasil aktual dengan tenaga yang dihabiskan untuk mencapai hasil-hasil tersebut.
Efektivitas (effectiveness) menekankan hasil aktual dari dampak atau kekuatan untuk menghasilkan dampak tertentu. Sesuatu bisa jadi efektif tetapi tidak efisien atau ekonomis. Program untuk membuat sistem menjadi lebih efisien atau ekonomis juga bisa menjadi lebih efektif.