Pengertian Asbabul Wurud

By | May 10, 2020

Pengertian Asbabul Wurud

Pengertian Asbabul Wurud

Secara etimologis, “asbabul wurud” merupakan

gabungan (idhafah) dari dua suku kata yaitu dari kata asbab dan al-wurud. Kata “asbab” adalah bentuk jamak dari kata “sabab”, yang berarti sebab atau segala sesuatu yang dapat menghubungkan kepada sesuatu yang lain. Sedangkan kata “al-wurud” merupakan bentuk isim masdar dari kata warada-yaridu-wurudan yang berarti datang atau sampai.

            Menurut as-Suyuthi, secara terminologi asbabul wurud diartikan sebagai berikut:

أنه مايكون طريقا لتحديد المراد من الحديث من عموم أو خص وص أو إطلاق أو تقييد أو نسخ  أو نحوذلك

 “Sesuatu yang menjadi thariq (metode) untuk menentukan maksud suatu hadis yang bersifat umum, atau khusus, mutlak atau muqayyad, dan untuk menentukan ada tidaknya naskh (pembatalan) dalam suatu hadis.”

            Menurut Hasbi ash-Shiddiqie asbabul wurud sebagai berikut:

علم يعرف به السبب الذى وردلاجله الحديث والزمان الذى جاءبه

 “Ilmu yang menerangkan sebab-sebab Nabi SAW. menuturkan sabdanya dan masa-masa Nabi SAW. menuturkannya.”

            Sementara itu, ada pula ulama yang memberikan definisi asbabul wurud, agak mirip dengan pengertian asbabun nuzul, yaitu:

          ماورد الحديث أيام وقوعه

“Sesuatu (baik berupa peristiwa-peristiwa atau pertaanyaan-pertanyaan) yang terjadi pada waktu hadis itu disampaikan oleh Nabi SAW”

                Dengan demikian, secara sederhana dapat diartikan bahwa asbabul wurud  adalah sebab-sebab datangnya sebuaah hadis. Artinya ilmu ini membahas mengenai sebab mengapa suatu hal itu disabdakan, dilakukan atau ditetapkan Nabi Muhammad SAW. Maka, asbabul wurud sangat erat kaitannya dengan waktu dan tempat terjadinya peristiwa yang melatarbelakangi lahirnya suatu hadis.


Baca Juga :