Penyebab Anak Alami Pubertas Dini

By | December 12, 2019

Penyebab Anak Alami Pubertas Dini

Penyebab Anak Alami Pubertas Dini

Penyebab Anak Alami Pubertas Dini

Peralihan masa anak-anak ke remaja disebut dengan pubertas

. Usia pubertas pada setiap anak juga berbeda-beda. Pada anak perempuan, umumnya pubertas terjadi saat anak berusia 8 hingga 13 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki terjadi di usia 9 hingga 14 tahun.

Bahkan, beberapa anak bisa saja mengalami pubertas lebih awal sebelum usia 8 dan 9 tahun. Nah, pubertas yang terjadi lebih awal ini sering disebut sebagai pubertas dini.

Namun, sebelum membahas lebih lanjut tentang pubertas dini

, sebaiknya pahami dulu tanda-tanda anak masuk usia pubertas. Biasanya, pubertas ditandai dengan beberapa hal, mulai dari terjadinya perubahan fisik pada anak termasuk tumbuhnya rambut halus di daerah tertentu di tubuh, tumbuhnya payudara, hingga mendapat menstruasi pertama (anak perempuan) dan perubahan testis (anak laki-laki).

Lantas, apa yang menyebabkan anak mengalami pubertas dini?

. Sebenarnya, pubertas dini ini dibagi menjadi dua kategori. Yakni pubertas sentral dan pubertas perifer.

Pubertas sentral, yaitu melibatkan peran otak sebagai pemicu organ reproduksi yang menghasilkan hormon seksual. Kondisi ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf pusat. Sementara pubertas dini perifer tidak melibatkan sistem saraf tapi ada gangguan hormonal dan gangguan pada organ reproduksi anak-anak.

 

Sumber :

http://asage.org/index.php/ASAGE/comment/view/8/0/38906