Perencanaan Lingkungan Belajar Dan Bermain Di PAUD

By | July 6, 2020

Perencanaan Lingkungan Belajar Dan Bermain Di PAUD

Perencanaan Lingkungan Belajar Dan Bermain Di PAUD

  1. a)Perencanaan Harian

Perencanaan harian perlu dibuat oleh guru karena mempengaruhi pengaturan lingkungan belajar. Setiap rencana harian membutuhkan peralatan dan pengaturan lingkungan belajar yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Keteraturan di sekitar anak-anak akan merangsang rasa keteraturan di dalam diri mereka.

  • Kesehatan, Keamanan, dan Saniter

Perencanaan lingkungan belajar juga memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, juga saniter. Disamping itu, WC, kamar mandi, keran air yang diperlukan anak untuk mencuci tangan. Kondisi saniter secara umum merupakan aspek lain dari kesehatan dan keamanan yang perlu mendapatkan perhatian.

 

  • Keindahan, informasi, dan Stimulasi

Lingkungan belajar juga memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keindahan, informasi, dan stimulasi. Ruangan dan tempat-tempat lainnya ditata sedemikian rupa sehingga menarik perhatian anak dan orang dewasa. Keindahan tersebut hendaknya memberikan berbagai informasi kepada anak dan menstimulasi anak untuk melakukan hal-hal yang diinformasikan.

  1. Pengaturan Lingkungan Belajar Dan Bermain Di Luar Kelas

Secara umum pengaturan lingkungan bermain di luar kelas perlu mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

  1. a)Keseimbangan Area

Dapat diwujudkan dengan menciptakan beberapa area sebagai berikut :

  1. Area tubuh,
  2. Area terbuka untuk sinar matahari,
  3. Area melompat,
  4. Area memanjat dan bergantungan,
  5. Area mendaki,
  6. Area untuk menanam/bunga-bungaan, dan
  7. Area bermain pasir.
  8. Jalan Kecil/Trotoar

Jalan kecil dubuat dari semen atau batu bata. Di jalan kecil ini tidak ada satu barang pun yang ditempatkan karena akan mengganggu kebebasan anak dan orang dewasa yang menggunakan jalan kecil tersebut.

  1. b)Pemilihan Peralatan Bermain

Berbagai jenis peralatan bermain perlu disediakan bagi lingkungan bermain di luar kelas, seperti peralatan untuk memanjat, meluncur, bergantung, mendorang dan menarik, serta melempar dan menangkap.

  1. c)Tingkat Perkembangan dan Kebutuhan Anak

Agar anak terjaga rasa aman bermain di luar kelas harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Adanya pagar pengaman (tingginya minimum 4 kaki),
  2.  Jarak area bermain,
  3. Alat-alat yang dipergunakan hendaknya sesuai dengan usia tahap usia anak,
  4. Alat bermain sebaiknya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak ada bagian yang tajam, runcing, dan mudah rusak,
  5. Alat-alat hendaknya kuat dan tidak mudah lepas bagian-bagiannya,
  6. Tempat bermain harus bebas dari aliran listrik yang membahayakan, dan
  7. Pengawasan dari guru yang memadai.

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/abd.jalil/gb-whatsapp-apk/