Pertanggungjawaban Pengguna Dana

By | July 14, 2020

Pertanggungjawaban Pengguna Dana

Bendahara secara administrarif wajib mempertanggungjawabkan penggunaan uang  persediaan/ganti uang persediaan /tambah uang persediaan kepada kepala SKPD melalui  PPK-SKPD paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya. Adapun dokumen laporan pertanggungjawaban yang disampaikan mencakup :

  1. buku kas umum
  2. ringkasan pengeluaran per rincian proyek yang disertai dengan bukti-bukti pengeluaran yang sah atas pengeluaran  dari setiap rincian obyek
  3. bukti atas penyetoran PPN/PPh
  4. register pentutupan kas
  1. Akuntansi Keuangan Daerah pada SKPD

Prosedur akuntansi penerimaan kas pada SKPD meliputi serangkaian proses mulai dari pencatatan, pengikhtisaran, sampaidengan pelaporan keuangan yang berkaitan dengan penerimaan kas dalam rangka pertanggungjawaban pelaksanaan APBD yang dapat dilaksanakan secara manual atau menggunakan aplikasi komputer. Yang dilaksanakan oleh PPK-SKPD.

Bukti transaksi yang digunakan dalam prosedur akuntansi penerimaan kas mencakup ;

  1. Surat tanda bukti pembayaran
  2. STS
  3. Bukti transfer
  4. Nota kredit  bank

Kesimpulan

Teknis Penyusunan RKA terdiri dari :

  1. Pendapatan Daerah
  2. Belanja Daerah
  3. Belanja langsung
  4. Belanja Pegawai
  5. Belanja Barang dan Jasa
  6. Belanja Modal

Rencana Kerja dan Anggaran SKPD

  1. Penyusunan RKA-SKPD dengan pendekatan prestasi kerja dilakukan dengan memperhatikan keterkaitan antara pendanaan dengan keluaran  dan hasil yang diharapkan dari kegiatan dan program termasuk efisiensi dalam pencapaian keluaran dan hasil tersebut.
  2. Penyusunan anggaran berdasarkan prestasi dilakukan berdasarkan capaian kinerja, indikator kinerja, analisis standar belanja, standar satuan harga dan standar pelayanan minimal
  3. Standar satuan harga ditetapkan dengan keputusan kepala daerah. Penyiapan Raperda APBD

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/