Resep Pepes Ikan Bumbu Khas Masakan Sunda

By | August 16, 2020

Resep Pepes Ikan Bumbu Khas Masakan Sunda

Lauk enak menggugah selera, resep pepes ikan merupakan salah satu cara tradisional memasak ikan berpadu aneka bumbu dan rempah yang dibungkus dengan daun. Daun pisang sering digunakan dalam membuat pepes atau pais yang tentunya sudah sangat familiar bagi masyarakat Sunda Jawa Barat sebagai menu favorit keluarga.

Aneka macam ikan, baik ikan tawar maupun ikan laut benar-benar harmonis jika diolah dengan bumbu pepes yang pas sesuai selera. Tak hanya ikan mas, ikan gurame, mujair dan nila, lele dan gabus, bandeng, patin, tongkol dan tuna, serta aneka ikan lainnya termasuk ikan asin pun juga bisa menjadi pilihan jenis ikannya.

Pepes biasa dimasak dengan cara dikukus, kemudian bisa juga dibakar sebentar agar aroma lebih menyegat Namun juga bisa direbus dalam wajan seperti dalam tips dan cara membuat pepes ikan kali ini, aroma juga akan lebih mewangi setelah air rebusan mengering.

Bahan bumbu pepes ikan

1 ekor ikan gurame segar (450 gram) atau jenis ikan lainnya
3 batang serai, ambil bagian putih lalu potong-potong serong
3 lembar daun salam
3 cm lengkuas, potong jadi 3 bagian
Segenggam daun kemangi
2 butir bawang merah, iris-iris
1 buah cabe merah besar, potong-potong serong
1 sdm minyak untuk campuran bumbu halus (bisa ga pake)
3 sdm minyak untuk merebus pepes agar daun pisang tidak gosong saat sudah kering
700 ml air untuk merebus pepes
Bumbu yang diulek halus :
5 cm kunyit
3 cm jahe
3 butir kemiri
4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sdt ketumbar
1 cm pala
3/4 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk atau tergantung selera
Cara membuat pepes ikan
Bersihkan kotoran dan isi perut ikan serta buang insang, kerok sisik ikan lalu kerat-kerat badannya. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis, lemon atau garam, biarkan sekitar 15 menit untuk menghilangkan bau amis.
Campurkan bumbu halus, cabe merah, lengkuas, serai, daun salam, daun kemangi dan 1 sdm minyak lalu aduk rata.
Siapkan daun pisang untuk membungkus, jangan lupa bakar sebentar sambil digeser perlahan di atas api hingga agak layu agar daun pisang menjadi lentur dan tidak mudah robek.
Letakkan ikan pada daun pisang, masukkan campuran bumbu tadi sambil lumuri secara merata termasuk ke bagian dalam ikan. Selanjutnya bungkus daun pisang lalu ikat atau semat.
Didihkan 700 ml air dalam wajan, setelah mendidih masukkan pepes ikan yang sudah dibungkus dengan rapih tadi, lalu tutup wajan. Jika air rebusan sudah hampir menyusut, beri 3 sdm minyak agar daun pisang tidak gosong, aroma pun menjadi wangi. Matikan api, pepes ikan sudah siap dihidangkan.

Sumber: https://phpmag.net/