RESUME BUKU “MEMBACA KRITIS UNTUK MENULIS”

By | April 14, 2020

RESUME BUKU “MEMBACA KRITIS UNTUK MENULIS”

RESUME BUKU MEMBACA KRITIS UNTUK MENULIS

RESUME BUKU

Judul                             : Membaca Kritis untuk Menulis ( Mata Kuliah Pengembangan  Kepribadian Bahasa Indonesia)

Pengarang                    : Dr. Ramly, M. Hum.

Kegiatan membaca kritis untuk menulis

pada dasarnya merupakan kegiatan membaca untuk mendapatkan informasi yang relevan dan diperlukan untuk tulisan yang akan dikembangkan. Kegiatan membaca kritis untuk menulis harus dikaitkan dengan informasi seperti apa yang kita masukkan dalam tulisan kita, apakah informasi umum, khusus, atau informasi yang terperinci.

            Ada berbagai ragam membaca kritis bergantung pada jenis informasi seperti apa yang kita inginkan, antara lain adalah membaca cepat/sekilas untuk mencari topik, membaca cepat untuk informasi khusus, dan  membaca teliti untuk informasi rinci.

            Membaca tulisan/artikel ilmiah berbeda dengan membaca jenis tulisan lain karena jenis informasinya yang berbeda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membaca tulisan/artikel ilmiah, yaitu menggali tesis/pernyataan masalah, meringkas butir-butir penting setiap artikel, menyetir konsep-konsep penting (pandangan ahli, hasil penelitian, dan teori), menentukan bagian yang akan dikutip, menentukan implikasi dari bagian/sumber yang dikutip, dan menentukan posisi penulis sebagai pengutip.

            Kegitan membaca kritis tulisan populer sedikit berbeda dengan membaca kritis tulisan ilmiah karena kedua jenis tulisan tersebut mempunyai sifat berbeda. Dalam membaca kritis tulisan/artikel populer, hal-hal yang perlu diperhatikan ialah mengenali persoalan utama atau isu yang dibahas, menentukan signifikan/relevansi isu dengan tulisan ilmiah yang akan dihasilkan, memanfaatkan isu artikel populer untuk bahan/inspirasi dalam menulis, dan membedakan isi artikel populer dengan isi artikel ilmiah dan buku ilmiah.

            Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca buku ilmiah, antara lain, adalah memanfaatkan indeks untuk menemukan konsep penting, menentukan konsep-konsep penting (pandangan ahli, hasil penelitian, dan teori) untuk bahan menulis, menentukan dan menandai bagian-bagian yang dikutip, menentukan implikasi dari bagian/sumber yang dikutip, dan menentukan posisi sebagai pengutip.

 

            Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan modern. Bahan-bahan yang tersedia dalam jaringan internet bisa dimanfaatkan untuk bahan tulisan kita. Untuk menemukan bahan-bahan dalam jaringan internet, kita memanfaatkan website yang berkaitan dengan topik tulisan kita. Sebelum memanfaatkan bahan-bahan tersebut, kita perlu memilih dan mengevaluasi apakah bahan tersebut kita perlukan. Untuk tidak menerima begitu saja tulisan yang ada di internet, paling tidak yang harus kita lakukan adalah (a) membaca secara sepintas bagian-bagian tertentu; (b) membuat daftar pertanyaan mengenai bahan tersebut; (c) mengevaluasi; dan (d) meninjau kembali bacaan tersebut.


Sumber:

https://areaponsel.com/kingmaker-apk/