RESUME BUKU “MENULIS AKADEMIK”

By | April 14, 2020

RESUME BUKU “MENULIS AKADEMIK”

RESUME BUKU MENULIS AKADEMIK

RESUME BUKU

Judul                   : Menulis Akademik ( Mata Kuliah Pengembangan  Kepribadian Bahasa Indonesia)

Pengarang           : Dr. Ramly, M. Hum.

Menulis adalah

kegiatan menyusun serta merangkaikan kalimat sedemikian rupa agar pesan, informasi, serta maksud yang terkandung dalam pikiran, gagasan, dan pendapat penulis dapat disampaikan dengan baik. Ada tiga tahap proses menulis sebagaimana ditawarkan oleh David Nunan, yaitu : (1) tahap prapenulisan, (2) tahap penulisan, dan (3) tahap revisi atau penyempurnaan. Dalam kegiatan menulis, seseorang penulis harus terampil memanfaatkan grafologi, struktur, bahasa, dan kosakata. Keterampilan menulis digunakan untuk mencatat atau merekam, meyakinkan, melaporkan atau memberitahukan, dan mempengaruhi sikap pembaca. Penulisan karya ilmiah dan penyusunan laporan tulisan ilmiah sekurang-kurangnya memuat empat tahap, yaitu: (1) tahapan persiapan/prapenulisan, (2) tahap inkubasi, (3) tahap iluminasi, dan (4) tahap verifikasi/evaluasi. Proses penulisan setiap penulis memiliki langkah-langkah yang relatif sama, yaitu sebagai berikut: (merencanakan, (2) menulis, (3) merefleksikan, dan (4) merevisi.

            Menulis makalah merupakan tahapan lanjutan dari menulis artikel. Makalah adalah karya tulis ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang tercakup dalam ruang lingkup suatun perkuliahan atau yang berkaitan dengan suatu tema seminar, simposium diskusi, atau kegiatan ilmiah yang lain. Makalah ditulis untuk berbagai fungsi, di antaranya untuk memenuhi tugas yang dipersyaratkan dalam mata kuliah tertentu, berfungsi mengimformasikan suatu temuan. Secara umum, baik dalam kegiatan akademik maupun nonakademik, dikenal dua jenis makalah yaitu makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper). Makalah biasanya disusun dengan sistematika sebagai berikut: (1) judul, (2) abstrak, (3) pendahuluan, (4) isi dan pembahasan, (5) simpulan, dan (6) daftar pustaka.

            Sebelum menulis makalah, sebaiknya dibuat jejaring ide. Jejaring ide bukan hanya berguna untuk penulis, melainkan juga bagi pembaca. Melalui jejaring ide, pembaca dapat menilai tulisan secara kritis.

 

            Kegiatan penulisan laporan, baik secara lisan maupun tertulis, erat sekali hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Laporan berarti segala sesuatu yang dilaporkan oleh pihak tertentu kepada pihak lain mengenai suatu masalah, baik secara lisan dan tertulis, dan baik dalam kurun waktu tertentu secara rutin maupun dalam waktu tertentu saja. Jenis laporan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Pertama, dilihat dari segi isi atau materi yang dilaporkan. Kedua, dilihat dari waktu pelaporannya yang periodik. Ketiga, dilihat dari cara menyampaikan laporan. Keempat, dilihat dari bentuk pelaksanaan suatu kegiatan. Kelima, jenis laporan yang erat hubungannya dengan tugas perkuliahan. Abdurahman mengemukakan bahwa laporan itu terdiri atas judul laporan, penyusunan laporan, kata pengantar, ringkasan, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan ilustrasi, pendahuluan, pelaksanaan kegiatan, hasil kegiatan, kesimpulan dan saran, daftar pustaka, dan lampiran-lampiran.


Sumber:

https://penirumherbal.co.id/crashlands-apk/