Rumus Rasio Rentabilitas Modal Sendiri

By | July 21, 2020

Profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba dalam periode waktu tertentu. Laba memiliki dua bentuk penilaian, profitabilitas ekonomi (daya beli) dan laba atas ekuitas. Return on equity adalah kemampuan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan yang menguntungkan yang berasal dari modal finansial swasta. Profitabilitas juga dapat digunakan untuk mengukur pencapaian perusahaan dalam membuat keputusan tentang masalah pemenuhan kebutuhan keuangan perusahaan. Manajer harus berhati-hati ketika memutuskan untuk menggunakan bantuan modal asing secara kredit atau hanya menggunakan modal mereka sendiri.

Setiap perusahaan terlibat dalam lebih banyak kegiatan perdagangan langsung untuk mendapatkan poin R maksimum daripada keuntungan maksimum. Memahami analisis profitabilitas dari rasio keuangan perusahaan menunjukkan perbandingan antara menghasilkan laba dengan aset atau modal yang menghasilkan laba. Ada berbagai jenis perhitungan laba untuk perusahaan berdasarkan pada standar akuntansi keuangan berikut.

Total aktivitas = laba operasi operasional / rasio laba operasi operasi terhadap total aset
Aset = Total omset penjualan / total aset
Total Margin Ratio = Total Laba / Penjualan
Rasio margin bersih = laba bersih / penjualan
Margin operating margin ratio = laba operasi operasional / penjualan
Ekuitas = laba bersih / laba atas ekuitas

Formula untuk pengembalian rasio ekuitas

Berikut ini adalah rumus G / L yang sering digunakan sesuai dengan prinsip akuntansi dengan skrip yang kami kutip dari guruakuntansi.co.id.

R = L / M x 100%

Dimana:

R adalah profitabilitas

L adalah laba yang dihasilkan selama periode tertentu

M adalah modal atau kekayaan yang dihabiskan untuk menghasilkan keuntungan

Rasio profitabilitas terkait erat dengan keberadaan perusahaan. Jika hubungannya baik (persentase tinggi), itu berarti kondisi keuangan perusahaan baik atau sehat.

Di bawah ini adalah contoh pertanyaan dan jawaban.

PT AR, dengan modal Rs. 300.000 per tahun dengan bunga modal 10% per tahun dan Rs. Bekerja dengan modal total 1.000.000. Perusahaan mendapat untung Rp 100.000 selama 1 tahun dari kegiatan operasi perusahaan. Berapa rasio pengembalian modal PT AR sendiri?

Jawabannya

RMS = L / M x 100%

RMS = IDR 100.000 / IDR 1.000.000 x 100%

= 10%

Contoh rasio keuntungan finansial

Menurut saldo PT RA diketahui sebagai berikut.

IDR 500.000.000 saham
100.000.000
Uang tunai sebesar Rp25.000.000
Harga jual 1.000.000.000
Laba bersih RP 150.000.000
Hitung pengembalian modal Anda sendiri dengan PT RA!
Jawabannya
Keuntungan modal sendiri = laba bersih / modal sendiri x 100%
= 150.000.000 / 600.000.000
= 25%
= 0,25

Saham ditambah laba ditahan berasal dari:

Rp 500.000.000 + RP. 100.000.000 = RP. 600.000.000
Pengembalian 0,25 atau 25% yaitu setiap RP1 modalnya menghasilkan laba bersih sebesar Rp 0,25

Keberhasilan perusahaan dalam untung besar tidak dapat dipisahkan dari manajemen keuangan perusahaan yang baik. Jika posisi keuangan diketahui secara pasti, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk merencanakan strategi perusahaan, mencari tahu jumlah utang, dana, menghindari salah kelola dana, dll. Rasio profitabilitas berfungsi sebagai tolok ukur bagi manajemen untuk melihat situasi keuangan perusahaan sehingga mereka dapat mengembangkan berbagai kegiatan yang direncanakan untuk masa depan perusahaan. Manfaat mempelajari akuntansi sangat membantu dalam memahami unsur-unsur laporan keuangan.

Para akuntan dari masing-masing perusahaan harus mempertimbangkan cara membuat laporan keuangan karena pihak internal dan eksternal memerlukan berbagai jenis laporan keuangan. Indikator profitabilitas berperan dalam memantau profitabilitas sehingga Anda dapat melihat kinerja dan fungsi laporan keuangan. Perusahaan yang dikelola dengan baik selalu berhasil menggunakan berbagai aset dan aset untuk memaksimalkan keuntungan. Jika posisi perusahaan stabil dengan dana yang memadai, beberapa strategi dapat diambil untuk memajukan perusahaan.

Baca juga: