Siswa SMP Kosgoro Wajib Setor Hafalan Alquran

By | October 25, 2019

Siswa SMP Kosgoro Wajib Setor Hafalan Alquran

Siswa SMP Kosgoro Wajib Setor Hafalan Alquran

Siswa SMP Kosgoro Wajib Setor Hafalan Alquran

Keimanan terhadap siswa perlu ditanamkan sejak dini. Ini pula yang diterapkan SMP

Kosgoro Kota Bogor. Kepala SMP Kosgoro, Didik Sulaksono, mengatakan,

setiap siswa diwajibkan hafal juz dalam Alquran. Setiap siswa wajib menyetor hafalan mereka kepada guru atau koordinator di setiap lokal. Program wajib menghafal Alquran dalam juz 30. ”Ini salah satu program dua tahun lalu dan hingga kini terus berjalan seiring perkembangan daya minat siswa,” ungkapnya.

Menurut dia, tujuan program itu yakni untuk membekali siswa dan siswi budi pekerti dan akhlak mulia.

“Ini agar mereka bisa jadi teladan bagi orang lain,” ujarnya. Selain itu, hafalan juga sebagai upaya menghindari pelajar dari pergaulan bebas.

“Kami sebagai pendidik selalu memberikan semangat kepada seluruh siswa agar mampu menghafal Alquran juz 30, sehingga terbiasa saat menjalani salat sunah maupun wajib, jika sudah hafal surah yang akan dibaca,” kata Didik.

Sementara itu, bagi siswa nonmuslim diberikan waktu yang sama untuk menghafal doa sesuai

kepercayaan masing-masing. Sebab, Indonesia adalah negara yang memiliki toleransi yang harus dilestarikan. Didik berharap para siswa SMP Kosgoro akan memberikan kebanggaan bukan hanya pada pihak sekolah, tapi juga orang tua siswa.

“Semoga mereka bisa punya akhlak mulia dan berkarakter, kemudian mampu menjadi siswa yang bermanfaat memasuki jenjang berikutnya (SMA, red),” harapnya.

Baca Juga :