Sumber Kalsium untuk Anak

By | October 8, 2019

Sumber Kalsium untuk Anak

Bukan sebuah rahasia bila anak memerlukan kalsium yang lumayan selama masa perkembangannya. Pasalnya, kalsium mempunyai peran urgen dalam perkembangan tulang dan gigi. Meski kalsium tidak sedikit terkandung dalam susu, untuk sebagian anak, susu menjadi urusan yang tidak mengasyikkan bahkan dapat menyebabkan alergi. Berikut ulasan mengenai 10 sumber kalsium guna anak di samping susu.

Ikan Sarden

Ikan sarden ialah jenis makanan yang dapat memberikan asupan kalsium guna anak saat anak tak suka minum susu. Tahukah kita bahwa ikan sarden berisi 382 mg kalsium di masing-masing 100 g-nya. Sumber kalsium itu berasal dari tulang empuk yang terdapat pada ikan sarden. Oleh sebab itu, bila sang buah hati mengonsumsi ikan sarden, terdapat baiknya tulang lunaknya tidak dibuang.

Yoghurt

Yoghurt ialah olahan susu yang tidak jarang dimasukkan sebagai susunan makanan sehat. Salah satu kandungan nutrisi pada yoghurt yang urgen untuk anak merupakan kalsium. Dibandingkan dengan yoghurt full fat, yoghurt rendah lemak lebih tidak sedikit berisi kalsium. Meski begitu, Anda dapat memilih jenis yoghurt yang cocok dengan keperluan kalsium si buah hati.

Brokoli

Di samping hewan, sayuran hijau juga dapat menjadi sumber kalsium guna anak, salah satunya yakni brokoli. Di masing-masing 50 g brokoli, minimal berisi 30 mg kalsium. Lebih dari itu, brokoli pun kaya bakal vitamin C dan vitamin K yang berfungsi untuk anak.

Keju

Keju ialah olahan susu yang tidak sedikit digemari oleh semua kalangan. Tak melulu rasanya yang enak, keju pun mempunyai segudang nutrisi yang baik untuk tubuh. Mulai dari protein, vitamin, fosfor, sampai kalsium. Karena kadar kalsium yang tinggi, Anda dapat menjadikan keju sebagai sumber kalsium yang dapat menopang perkembangan tulang dan gigi anak.

Jeruk

Jika lazimnya jeruk dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, nyatanya jeruk pun mempunyai kandungan beda yang berfungsi seperti kalsium. Ya, buah berwarna oranye ini berisi minimal 60 mg kalsium di masing-masing buahnya.

Tahu

Meski dikenal sebagai jenis makanan sederhana, maka tidak dengan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tahu. Di samping protein nabati, makanan berbahan kedelai ini mempunyai kadungan kalsium yang tinggi dan sangat sesuai bila dikonsumsi oleh si kecil yang berada dalam masa perkembangan.

Ikan Salmon

Sering tampil sebagai di antara bahan untuk menciptakan sushi, jenis ikan yang satu ini ternyata berisi kalsium yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Di samping itu, ikan salmon pun berisi vitamin D yang nantinya akan menolong penyerapan kalsium pada tubuh buah hati Anda.

Sumber : http://onlinemanuals.txdot.gov/help/urlstatusgo.html?url=www.pelajaran.co.id