Tahapan Pembentukan Gambut Tropika Kuis PLGPS

By | July 20, 2020

Tahapan Pembentukan Gambut Tropika: Kuis PLGPS

Apa yang dimaksud dengan lahan pasang surut?

Lahan pasang surut merupakan suatu lahan yang terletak pada zona atau wilayah sekitar pantai yang ditandai dengan adanya pengaruh langsung limpasan air dari pasang surutnya air laut ataupun hanya berpengaruh pada muka air tanah.

Apakah luas lahan gambut bisa bertambah atau berkurang?

Luas lahan gambut dapat mengalami bertambah dan berkurang, apabila,

  1. Dimana pada kondisi bertambah terjadi ketika ada suatu kebijakan yang bertujuan untuk membentuk tanah gambut melalui proses terbentuk pada kondisi aneorob, hingga air multak harus ada. Di bawah kondisi iklim tropika basah yang panas dan lembab namun dengan evaporasi yang cukup tinggi dimungkinkan terbentuknya tanah gambut atau bertambahnya.
  2. Sedangkan pada kondisi berkurang terjadi ketika ada sebuah tindakan manusia dan alam berdampak negatif pada luasan lahan gambut, misalnya kebakaran hutan rawa gambut pada musim kemarau, meningkatnya kebutuhan manusia sehingga tingginya pemanfaatan suatu lahan, dan lain sebagainya. Dari berbagai kegiatan itu maka dapat memungkinkan berkurangnya luasan lahan gambut.

Jelaskan proses pembentukan gambut

Proses pembentukan gambut terbagi dalam 3 proses, yaitu:

  1. Pematanagan fisik, merupakan terjadi dengan adanya pelepasan air (dehidrasi) karena evaporasi, dihisap akar, drainase. Proses ini ditandai dengan perubahan warna gambut.
  2. Pematangan kimia, merupakan proses yang terjadi melalui penguraian bahan organik menjadi senyawa yang lebih sederhana.
  3. Pematangan biologi, merupakan proses perombakan yang dilakukan oleh aktivitas mikroorganisme secara terbatas di permukaan gambut. Proses ini lebih cepat setelah pembuatan drainase.

Recent Posts