TIDAK ADA PAJAK DIGITAL GLOBAL PADA AKHIR 2020 AKAN BERARTI KEKACAUAN PAJAK DIGITAL – PERANCIS

By | June 11, 2020

TIDAK ADA PAJAK DIGITAL GLOBAL PADA AKHIR 2020 AKAN BERARTI KEKACAUAN PAJAK DIGITAL – PERANCIS

 

TIDAK ADA PAJAK DIGITAL GLOBAL PADA AKHIR 2020 AKAN BERARTI KEKACAUAN PAJAK DIGITAL - PERANCIS

TIDAK ADA PAJAK DIGITAL GLOBAL PADA AKHIR 2020 AKAN BERARTI KEKACAUAN PAJAK DIGITAL – PERANCIS

RIYADH (Reuters) – Kegagalan untuk mencapai kesepakatan global tentang di mana dan berapa banyak pajak

raksasa digital seperti Google, Amazon atau Facebook akan menghasilkan banyak rezim pajak digital yang muncul di seluruh dunia, Menteri Keuangan Prancis mengatakan pada hari Minggu.

Berbicara kepada Reuters di sela-sela pertemuan para pemimpin keuangan dunia, Bruno Le Maire mengatakan pertemuan itu sangat berguna dalam membangun konsensus tentang aturan pajak global tersebut.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari 20 negara ekonomi terbesar di dunia, G20, bertemu di Riyadh untuk membicarakan masalah-masalah ekonomi global, dengan perpajakan digital menjadi agenda utama dua hari mereka.

“Untuk gelombang pertama ada konsensus luas di antara anggota G20 tentang perlunya memiliki sistem perpajakan internasional baru,” kata Le Maire.

“Kami harus mengatasi masalah perusahaan digital yang menghasilkan keuntungan di banyak negara tanpa kehadiran fisik, yang berarti tanpa membayar tingkat pajak yang harus dibayar,” katanya.

“Dan kita juga harus menjawab pertanyaan kunci tentang perpajakan minimum dan risiko berpacu ke dasar perpajakan,” katanya.

Perancis telah mengadopsi pajak digitalnya sendiri, tetapi menangguhkannya sampai akhir tahun untuk memberi

waktu bagi G20 untuk menyelesaikan kesepakatan global yang akan diikuti oleh semua negara.

Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan, lembaga think tank G20, ingin menyepakati perincian teknis pajak semacam itu pada bulan Juli dan kesepakatan penuh antara G20 diharapkan pada akhir tahun.

“Ada konsensus untuk membangun solusi pada akhir 2020,” kata Le Maire, mencatat alternatif – tidak ada perjanjian – akan menciptakan proliferasi berbagai sistem pajak yang membuat hidup lebih sulit bagi perusahaan.

“Mari kita perjelas – apakah kita memiliki pada akhir 2020 solusi internasional … jelas untuk kepentingan semua negara dan perusahaan digital, atau tidak ada solusi dan … maka akan naik pajak nasional untuk masuk mulai berlaku, “kata Le Maire.

“Daripada memiliki satu solusi tunggal yang sederhana, kami akan memiliki banyak pajak digital yang berbeda, di seluruh dunia,” katanya.

Amerika Serikat, rumah bagi sebagian besar raksasa digital, telah berhati-hati untuk melakukan solusi memajaki

mereka sebelum pemilihan presiden AS akhir tahun ini, dan telah mengancam akan menampar tarif pada barang-barang Prancis jika Paris tidak menunda penerapan pajak .

(Pelaporan oleh Jan Strupczewski, Editing oleh William Maclean)

Kisah ini belum diedit oleh staf Firstpost dan dibuat oleh umpan-otomatis.

Baca Juga: