Trik Membuat Foto Bokeh dengan HP

By | November 7, 2020

Memang, tren foto bokeh memang bagus di smartphone Android. Pasalnya, foto yang dihasilkan lebih menarik dan jernih karena objek utama lebih fokus.

Sayangnya, efek bokeh biasanya didapat dengan menggunakan dua lensa pada smartphone. Hal ini dilakukan karena dibutuhkan lensa untuk menangkap kedalaman bidang gambar.

Namun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memotret bokeh dengan kamera di smartphone. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut beberapa tip untuk melakukannya.

1. Zoom subjek foto

Kebutuhan akan foto bokeh adalah objek yang dipenuhi bingkai. Oleh karena itu, Anda harus lebih dekat dengan subjek yang ingin Anda potret.

Pastikan jarak antara kamera smartphone dan objek foto minimal 1,5 hingga 2,5 meter. Anda kemudian perlu mengatur jarak antara objek dan latar belakang.

Oleh karena itu, hindari background yang terlalu dekat dengan objek. Pada dasarnya, semakin jauh backgroundnya, semakin blur foto bokehnya.

2. Hindari objek foto yang ramai dan background yang ramai

Kamera smartphone
Perbesar
Kamera smartphone (techreviewer.co.uk)
Untuk mengoptimalkan foto bokeh, Anda harus menghindari terlalu banyak objek dalam bingkai.

Selain itu, pastikan semua objek sejajar. Jika ingin mengambil foto grup, sebaiknya diambil dalam jumlah sedikit, misalnya dua atau tiga orang.

3. Pilih Touch Object dan kemudian Use Manual Focus

Untuk hasil yang optimal, Anda harus mengatur fokus objek terlebih dahulu. Ketuk objek yang ingin Anda fokuskan.

Anda juga dapat memanfaatkan fitur fokus manual pada beberapa smartphone. Gunakan fitur ini untuk menyesuaikan level blur dan panjang fokus smartphone Anda.

Untuk memotret, Anda juga harus mengubah komposisi foto menggunakan aturan ketiga. Untuk bantuan, Anda harus mengaktifkan kisi di layar untuk referensi.

4. Gunakan Lens Blur di Google Camera

Cara di atas tidak hanya memanfaatkan fitur Lens Blur di Google Camera. Tetapi Anda harus melakukan objek 1,5 meter sebelum itu.

Cukup mudah digunakan, ikuti petunjuk di layar. Meski belum sempurna, Anda bisa menggunakan cara ini jika tak ingin mengambil gambar bokeh tanpa halangan.

5. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara terakhir untuk mengambil gambar bokeh adalah memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Apalagi, saat ini sudah banyak smartphone Android yang dilengkapi kamera.

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan dengan AfterFocus, PicsArt dan Lens Blur. Anda dapat memilih dari berbagai aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: