UNBK Berbasis Komputer Turun

By | September 29, 2019

UNBK Berbasis Komputer Turun

UNBK Berbasis Komputer Turun

UNBK Berbasis Komputer Turun

CIMAHI – Hasil Ujian Na­sional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat sekolah me­nengah pertama di Kota Cimahi

tahun ajaran 2016-2017 men­galami penurunan dibanding­kan tahun ajaran 2015-2016.

Berdasarkan data yang di­peroleh dari Dinas Pendidikan Kota Cimahi, rata-rata nilai ujian nasional tahun ajaran 2016-2017 mencapai 216,4787, turun 51,05 dibandingkan tahun ajaran 2015-2016 yang mencapai 267,5318.

Nanan Supriyatna, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Kota Cimahi menjelaskan, pihaknya akan mengidentifikasi penyebab pasti penurunan hasil ujian nasional tahun ini.

“Kita sedang mengkaji apa­kah ini proses transisi karena sebelumnya ujian kertas se­karang UNBK,” katanya, ke­tika ditemui kemarin (5/6).

Menurutnya, penurunan hasil ujian nasional tahun ini dikarenakan semua peserta

mengikuti ujian menggunakan komputer. Sedangkan, tahun sebelumnya, semua siswa menggelar ujiannya meng­gunakan sistem Ujian Nasio­nal Kertas Pensil (UNKP).

“Dulu melaksanakan UNKP, sekarang menjadi UNBK, kan ada aspek-aspek psikologi yang kita coba telaah,” mun­gkin saja penyebabnya ter­jadi saat pelaksanaan ujian. Pasalnya, saat itu sempat terjadi padamnya aliran list­rik sekitar 15 menit. “Walau­pun hanya 15 menit, itu yang coba kita identifkasi” jelasnya.

Penurunan hasil ujian na­sional bukan hanya di Kota Cimahi saja. Menurut kete­rangan Nana, seluruh sekolah di Jawa barat pengalami penurunan hasil ujian nasio­nal tahun ini.

“Provinsi pun menyampai­kan bahwa seluruh Jawa Ba­rat ini mengalami penurunan hasil

ujian nasional,” katanya.

Saat pelaksanaan, dia meng­kalim tidak ada kecurangan. Sebab, sistem pengawasan yang dipakai di Kota Cimahi dirasa sudah cukup ketat.

“Sampai detik ini belum me­nerima laporan kecurangan UNBK. Bahkan pelaksanaan itu dimonitoring langsung oleh Ombudsman,” ujarnya.

Nanan menambahkan, un­tuk pelaksanaan ujian nasio­nal tahun depan, Dinas Pen­didikan Kota Cimahi akan mencoba menambah sarana prasarana penunjang UNBK.

“Tentunya kita juga mendo­rong dari aspek sarana dan prasarana ke depan ada peningkatan,” pungkas dia.

 

Baca Juga :