Warga Keluhkan SKCK Online: Tetap Antre dan Bawa Berkas

By | December 23, 2019

Warga Keluhkan SKCK Online: Tetap Antre dan Bawa Berkas

Warga Keluhkan SKCK Online Tetap Antre dan Bawa Berkas

Warga Keluhkan SKCK Online Tetap Antre dan Bawa Berkas

Pembuatan SKCK online ternyata tak semudah yang dibayangkan.

Alih-alih membuat proses pembuatan SKCK lebih ringkas, pengguna malah harus ‘bolak-balik’ ke kantor polisi.

Pertama, pengguna mesti datang ke kantor polisi untuk bisa mendapat rumus sidik jari. Rumus sidik jari ini mesti dimasukkan ke dalam formulir SKCK online. Kedua, pengguna tetap diminta untuk mencetak formulir yang sudah mereka isi secara online.

Ketiga, setelah pengguna mencetak formulir online itu,

pihak kepolisian tetap mengharuskan mereka untuk kembali melakukan prosedur manual. Intinya, lebih praktis membuat SKCK secara manual dengan langsung datang ke kantor polisi ketimbang buat SKCK online.

Hal ini seperti dialami salah seorang calon peserta CPNS bernama Faris Al Fatih. Menurutnya, pembuatan SKCK online tak serta merta membuat surat itu selesai dengan instan.

Lihat juga:Cara, Biaya, dan Syarat Pembuatan SKCK Online

1. Tetap harus bawa dokumen fisik

Ia mengatakan meski telah melakukan pendaftaran online, t

api ia masih harus menyerahkan dokumen secara fisik ke Polres Sleman.

“Kirain sih bakal paperless. Tapi tetep antri dan ngasih berkas lagi seperti fotokopi KTP, KK, Akta lahir, dan foto 4×6,” tuturnya saat dikontak CNNIndonesia.com, Kamis (7/11).

Selain itu menurutnya terdapat perbedaan perintah pada form online dengan yang ada di Polres. Menurutnya pada saat selesai pengisian form online pendaftar hanya diminta untuk memperlihatkan bukti pendaftaran kepada petugas loket. Namun saat di tempat, ia diminta untuk mencetak bukti tersebut.

 

Baca Juga :